Studi Deskripsi Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan Pada Sekolah SDN 020 Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang

Prasetyo Prasetyo

Abstract


Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan secara umum diartikan sebagai
konsepsi memineralisasi efek rumah kaca, menata ruang dengan
pertimbangan penghawaan alami dan material ramah lingkungan seperti
baja ringan, batu sikat dan semen instan. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan Konsep Arsitektur Ramah Lingkungan pada bangunan
sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Pengaturan penggunaan lahan sangat menentukan bagaimana
memberikan antisipasi terhadap respons negatif untuk bangunan dan
lingkungannya. (2) Peningkatan kesehatan untuk warga sekolah dengan
situasi lingkungan yang ada sekarang, juga bagaimana memproses
sampah sekitar supaya tetap bersih dan sehat.

Keywords


pengaturan penggunaan lahan; Respon lingkungan.

Full Text:

pdf

References


Nur Latifah Hidayatun, (2016), “Studi Deskripsi Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD

Muhamadiyah Tonggalan Klaten” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 20 Tahun

ke-5. 2016. Hlm.1.945-1.958

Rakerwil Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Semarang,

Oktober 2016, “Konsep Sekolah Ramah Lingkungan”




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v8i1.6853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390