Korelasi Penilaian Jembatan Dua Puluh Tujuh Januari Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara
Abstract
Korelasi penilaian merupakan usaha pemeliharaan jembatan untuk mempertahankan usia jembatan dan mencegah terjadinya kerusakan struktur jembatan yang berkelanjutan salah satunya adalah Jembatan Dua Puluh Tujuh Januari yang berada di Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan tersebut adalah berupa jembatan rangka baja yang telah berumur tiga puluh tahu1n. Jumlah beban kendaraan semakin meningkat tentu akan meningkatkan resiko deformasi kemampuan jembatan dan umur jembatan. Hal ini dilakukan dengan mengolah dua data sekunder dan primer yang diperoleh dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia dan data diperoleh secara mandiri. Penelitian ini dengan mengkaji korelasi penilaian dua data sekundar dan primer menggunakan metode Bridge Management System (BMS) dan SPSS. Hasil yang diperoleh dari dua data sekunder dan prime ini adalah merekomendasi penanganan dan mengarahkan skala prioritas.
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Alamsyah DE,.2021. Analisis Kondisi Jembatan Untuk Menentukan Prioritas Penanganan Dengan Metode Bridge Management System (BMS). Universitas Mahrotama Surabaya
Anonim, 1992. Bridge Desaign Manual Vol. 1, Directorate General of Higways Ministry of Public Works Republic of Indonesia.
Anonim, 1992. Bridge Desaign Manual Vol. 2, Directorate General of Higways Ministry of Public Works Republic of Indonesia.
Anonim, 1993., Directorate General of Higways Ministry of Public Works Republic of Indonesia.
Anonim, 2012, Pedoman Pemeriksaan Jembatan, Pekerjaan Umum, Departemen, Jakarta.
Anonim, 2016, Pembebanan Untuk Jembatan SNI 1725:2016, Jakarta, Badan
Anonim. 2022.Pedoman Pemeriksaan Jembatan. Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. Jakarta.
Australian International Development AssistanceBereau, 1993, Panduan Sistem Informasi Manajemen IMBS, Direktorat Jemderal Bina Marga Republik Indonesia. Jakarta.
Apriani, W., Megasari SW., Loka WAP., 2018, Penilaian Kondisi Jembatan Rangka Baja Trasfied Australia dengan Metode Fracture Critical Member (Studi Kasus: Jembatan Siak II Pekanbaru), Seminar Nasional Konteks 12, September 2018, 18-19.
Directorate General of Public Works Republik of Indonesia, 1993, Bridge Management System.
Gibson, R. F. (2016. Principles of Composite Material Mechanics. CRC. Press. Https://doi.org/10.1201/b19626
Gusman LSW., Rasidi N., Ningrum D., 2017. AnalisisAlaternatifPerkuatanJembatan Rangka Baja (Studi Kasus: Jembatan Rangka Bja Soekarno-Hatta Malang, Eureka: JurnalPenelitianMahasiswa Teknik Sipil Dan Teknik Kimia, Volume 1, Nomor 1.
Hariman F., Hardiyatmo HC., Triwiyono A., 2007, Evaluasi dan Program Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) (Studi Kasus : Empat Jembatan Peopinsi D.I Yogyakarta, Civil Engineering Forum Teknik Sipil, Volume 17, Nomor 3, 581-593.
Harywijaya, Wilhman, Afifudin Muhammad, Isya, Muhammad, 2020. Penilaian Kondisi Jembatan Menggunakan Bridge Management Sytem (BMS) dan Bridge Condtion Rating (BCR). Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan.
Herry Y, 2016. Penilaian Kondisi Jembatan Rangka Baja Di kabupaten Sintang Menggunakan Metode Bridge Mangement System (BMS). Rekayasa Sipil.
Marasabessy, Erwin,.2015. Implementation of Bridge Intecrurban Bridge in Maluku Province. Jurnal Teknik Sipil.
New Yor State Departemen of Transportastion. (!997). Bridge Inspection Manual. New York.
Subagio, G., Triwiyono, A., Styarno, I., Tata Kota Tarakan, D., & Kalimantan No J. (2008). Sistem Informasi Manajemen Jembtan Berbasis Web Dengan Metode Bridge Condition Rating (Studi Kasus Pengelolaan Jembatan di Kabupaten Garut). In Forum Teknik Sipil No. XVIII.
Vaza, H., Sastrawiria, R.P., Halim, H. A., & Septinurriandiani. (2017). Identifikasi Kerusakan dan Penentuan Nilai Kondisi Jembatan untuk Mendukung Manajemen Aset Jembatan (1st ed.) Puslitbang Jalan dan Jembatan.
Widiastuti Ayundya Mega, 2018. Laporan Detail Pemeriksaan Jembatan. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v12i1.8340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil
Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390