Kajian Kinerja Pelabuhan Passarang Kabupaten Majene dalam Mendukung Ibukota Negara Baru

Milawaty Waris, Masruq Masruq

Abstract


Fasilitas Pelabuhan di Kabupaten Majene serba terbatas. Hal ini perlu mendapat perhatian dalam mendukung Ibu Kota Negara (IKN). Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menganalisis sejumlah parameter yang digunakan dalam mengukur tingkat pelayanan pelabuhan passarang dalam menunjang Ibukota Negara Baru. Nilai pencapaian kinerja pelayanan waiting time memiliki kinerjabaik. Bongkar muat kapal selama bulan januari sampai november 2024 menunjukkan nilai waktu efektif yang dipergunakan sebesar 23 jam dan waktu tambat (Berth Time) selama 24 jam, maka diperoleh 95,83%,> 50%; (baik). Tingkat penggunaan dermaga pelabuhan Passarang selama tahun 2024 KM sabuk Nusantara 93 bersandar dari januari sampai november. perhitungan nilai BOR diperoleh 19,42% < 40% (kinerja operasional pelabuhan untuk 1 tambatan dermaga dikategorikan baik). Dengan kategori standar pelayanan yang baik, tentunya untuk mendukung ibukota Negara Baru(IKN), maka Pelabuhan Passarang harus meningkatkan performa kinerja operasional pelayanan.

Keywords


Kinerja Tingkat Pelayanan, Pelabuhan, Ibukota Negara Baru

Full Text:

FULL TEXT

References


Aryanti, M. V., Supriyadi, A., Jurusan, M., Kelautan, T., Teknik, F., Tanjungpura, U., Jurusan, D., Kelautan, T., Teknik, F., Tanjungpura, U., Efektif, J. K., & Pelabuhan, K. O. (2021). Analisis kinerja operasional pelabuhan sintete kabupaten sambas kalimantan barat. 1–6.

Azikin, M. T., Sukri, A. S., & Hatta, I. M. (2019). Analisis Kinerja Pelabuhan Bungkutoko Kendari Terhadap Tingkat Penggunaan Lapangan Penumpukan (Yor). 7(November), 267–276.

Benny, S. . (2010). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelabuhan. Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 1(1), 39–58.

Candra, J. E., & Permatasari, R. D. (2024). Analysis of Service Satisfaction Level at Batam Center International Port in Batam City Using the Fuzzy Mamdani Method. 8(3), 1838–1846.

Gil, T., Ariawan, P., & Ariana, K. A. (2020). Evaluasi Perencanaan Dermaga ( Jetty ) Pada Pelabuhan Dili Timor Leste. 3(1), 6–11.

Hijah;S.N et.all. (2023). G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan. 7(3), 977–986.

Malisan, J., Arief, B., Nu, D., Rahardjo, S., & Pakuan, U. (2024). Kajian Pengembangan Pelabuhan Dalam Mendukung Ibu Kota Baru Berdasarkan Konsep Smart City , Smart Mobility. 2018, 6–13.

Rumata, N. A., Idrus, I., & Amansah, M. S. (2024). Evaluasi Kinerja Pelabuhan Pantoloan Kota Palu. 4(1), 1–7.

Suherman, A. (2020). Kinerja Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu - Banten , Indonesia. B Triatmodjo - Perencanaan Pelabuhan, Yogyakarta: Beta Offset, 2010.




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v12i2.8345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390