ANALISIS PENERAPAN SOP ( Stadar Operasional Prosedur ) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK

Alimatul Izzah

Abstract


Kinerja pegawai sangat dipentingkan dalam memberikan pelayanan publik tehadap masyarakat. Hal ini seringkali menjadi sorotan mengenai kinerja pegawai dalam melayani masyarakat. Maka perlunya penerapan SOP ( Standar Operasional Prosedur ) yang merupakan suatu standar dan prosedur yang digunakan sebagai acuan dalam bekerja dan digunakan pula untuk mengukur kinerja atau sebagai tolok ukur dalam menilai kinerja pegawai di suatu perusahaan swasta maupun di suatu instansi. Penilaian kinerja pelayanan publik merupakan bagian terpenting dari kontrol terhadap aparatur dalam menjalankan tugas dan fugsi pelayanan. Penelitian ini dibuat dengan metode penelitian literatur review yang mana memberikan output terhadap data yang ada, serta penjabaran dari suatu penemuan sehingga dapat dijadikan suatu contoh untuk kajian penelitian dalam menyusun atau membuat pembahasan yang jelas dari isi masalah yang akan diteliti. Maka dari itu, dari pembahasan dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahwasanya diperlukan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) yang dimaksudkan dengan tujuan memberikan pedoman kerja agar aktivitas perusahaan dapat terkontrol secara sistematis. Pada dasarnya SOP ini turut memberikan sumbangsih guna untuk terwujudnya suatu pelayanan publik yang efektif serta efisien. Dengan adanya SOP maka kinerja pegawai lebih teratur serta terarah.

Kata kunci : SOP, Kinerja Pegawai, Penilaian Kinerja Pegawai 


Full Text:

pdf

References


Afrizal., D. dan sahuri., C. ( 2012 ). Analisis Manajemen Pelayanan Publik : Jurnal Administrasi Pembangunan. Vol. 1.

Firmansyah., D. dan Dede. ( 2022 ). Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian : Literature Review : Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik ( JIPH ). Vol. 1.

Junita, T., D. ( 2017 ) Penerapan SOP Pada Organisasi Pemerintahan Kota Surabaya Dalam Peningkatan Kepuasan Pelayanan Kepada Masyarakat ( Studi Di Bagian Umum dan Protokol Pemrintahan Kota Surabaya ) : Jurnal Ilmiah Administrasi Publik.

Maharani, Dewi. ( 2019 ). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Cikijing Kecamatan Majalengka : Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Vol. 9.

Rusdjiman. ( 2016 ). Penerapan SOP Dalam Peningkatan Kinerja ASN. Diakses dalam : https://kesbangpol.bantenprov.go.id/read/article/192/Peranan-SOP- dalam-Peningkatan-Kinerja-ASN.html#

Sulistiani, A., S. ( 2016 ) Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Administasi Kependudukan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sambutan : eJournal Ilmu Pemerintahan. Vol. 4.

Taufiq, A., R. ( 2019 ). Penerapan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit : Profita : Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan. Vol. 12.




DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v24i2.6895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DEDIKASI : Jurnal Ilmiah Sosial, Hukum, Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing: