ANALISIS REFORMASI BIROKRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA

kuwes alkoroni

Abstract


Reformasi Birokrasi merupakan perubahan besar yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia. Tujuan penulisan ini yaitu untuk menganalisis reformasi birokrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kendala yang sering dihadapi pemerintah dalam reformasi birokrasi pelayanan publik serta tindakan yang perlu  dilakukan pemerintah dalam mereformasi pelayanan publik di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan library research, dimana metode ini dilakukan dengan cara pengumpulan informasi dan data secara mendalam melalui berbagai literatur, buku, catatan, jurnal, artikel dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Indonesia masih ditemukan beberapa kendala dalam melayani masyarakat. Sehingga dilakukan beberapa tindakan atau cara untuk mereformasi pelayanan publik di Indonesia agar kualitas pelayanan publik menjadi baik, efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: Reformasi, Birokrasi, Pelayanan Publik


Full Text:

pdf

References


Anwaruddin, Awang. (2004). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi, 1 (1): 15-35. Dari: https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=reformasi+birokrasi+pelayanan+publik&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1681748320659&u=%23p%3Dmu7NfI5zEqsJ (diakses pada 13 April 2023).

Winaldi, Irfan. (2020). Perbandingan Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Di Vietnam Dan https://scholar.google.com/scholar?start=50&q=reformasi+birokrasi+pelayanan+publik&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1681748743102&u=%23p%3DHJtyTJ7uc_gJ (diakses pada 13 April 2023).

Desi, Sabastiana & Sugeng Rusmiwari. (2016). Orientasi Reformasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5 (3): 152-155. Dari: https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=reformasi+birokrasi+pelayanan+publik&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1681748666387&u=%23p%3DQIHXDrSzKIwJ (diakses pada 13 April 2023).

Sandiasa, Gede & Putu Agustana. (2018). Reformasi Administrasi Dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Di Daerah. Jurnal administrasi publik, 3 (1): 1-9. Dari: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/public-inspiration/article/download/824/551/ (diakses pada 17 April 2023).

Wulan, Riris Retno & Mochammad Mustam. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Di Kantor Pertanahan Kota Semarang. Jurnal kajian kebijakan publik dan manajemen, 6 (3): 259-279. Dari: https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=reformasi+birokrasi+pelayanan+publik&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1681748469684&u=%23p%3DuAmJmAJ99jEJ (diakses pada 17 April 2023).

Pertiwi, Anggun & Siti Nabila Tasya. (2019). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Dari: https://osf.io/a24sy/download (diakses pada 17 April 2023).

Rochmah, Siti. Analisis Reformasi Pelayanan Pubik Di Indonesia. Dari: https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/PRD/article/view/492 (diakses pada 17 April 2023).




DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v24i2.6905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DEDIKASI : Jurnal Ilmiah Sosial, Hukum, Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing: