PERAN DAN FUNGSI SERTA KENDALA BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Proses pelaksanaan pelayanan publik terhadap rasa kepuasan yang dirasakan masyarakat menjadi sesuatu yang penting untuk menjelaskan bagaimana kualitas kerja dari birokrasi pelayanan publik. Pelaksanaan dari pelayanan publik akan mengarah pada standar pelayanan yang menjadi titik acuan menciptakan kualitas pelayanan publik yang digunakan sebagai pedoman dalam menggerakan pelayanan atas kualitas yang lebih cepat, terjangkau, mudah dan teratur. Birokrasi mengharapkan suatu perubahan baik terhadap individu maupun organisasi. Hal tersebut menjadi sebuah pemikiran logis dari sebuah kenyataan dari birokrasi yang diharapkan masyarakat. Sedangkan Pembukaan Undang-Undang Dasar sudah jelas ditegaskan dalam alinea ke-4 bahwasanya Negara Republik Indonesia memiliki tujuan untuk memberikan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsanya.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, yaitu studi penelitian yang mengambil objek penelitiannya berupa dari karya-karya kepustakaan baik dari artikel ilmiah, buku cetak, buku pdf, artikel dalam media massa, jurnal ilmiah, maupun data-data yang sudah dikumpulkan dari penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian akan menjelaskan bagaimana kendala birokrasi, peran dan fungsi birokrasi dinilai sangat penting dalam mempengaruhi efektifitas jalannya pelayanan publik. Birokrasi harus dapat meminimalisir bentuk kendala yang muncul dengan menjalankan peran dan fungsinya dengan baik agar terciptanya pelayanan publik yang optimal.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Desriadi. (2017). Pemerintahan Dan Birokrasi. Jurnal Trias Poitika, 1(1), 64–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/jtp.v1i1.717
Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2013). Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Reformasi, 3(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/rfr.v3i1.30
Egeten, M. (2014). Perilaku Birokrasi Pemerintahan Dalam Pelayanan Perizinan Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(27), 1–12.
Kadir, A. (2017). Studi Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik. http://docs.google.com/
Lestari, R. A. (2019). Reformasi Birokrasi Sebagai Pelayanan Publik. Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN “Veteran”
Jatim, 9(1), 62–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdg.v9i1.1421
Mulyadi. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. https://ekbis.sindonews.com/read/959102/34/kemenperin-pede-ikm-tumbuh-7-5- tahun-ini-1422879320 / 8-02-2017
Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia , Sudahkah Berlandaskan Konsep “ Welfare State ”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31078/jk1132
Rianaldi, R. (2012). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara). 1(1), 22–34. https://doi.org/10.31289/jap.v2i1.945
Risnawan, W. (2017). Fungsi Birokrasi dalam Efektivitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(1), 156–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i1.1951
Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., & Suranto. (2017). Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Cakra Prabu, 01(01), 22–36. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jcp.v1i01.50
Sitindjak, V. (2017). Konsep reformasi birokrasi. Jurnal Inspirasi, 8(2), 79–89.
Sugandha, D. (2019). Birokrasi dan Pelayanan Publik. 40–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31113/jia.v3i1.437
Umam, U., & Adianto. (2020). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Humaniora, 4(1), 160–165. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.600
U No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Wakhid, A. A. (2011). Eksistensi Konsep Birokrasi Max Weber Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal TAPIs, 7(13), 126–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/tps.v7i2.1540
DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v24i2.7584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hannes Magdalena Hutagalung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: