PERAN DAN FUNGSI SERTA KENDALA BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK

Hannes Magdalena Hutagalung

Abstract


Proses pelaksanaan pelayanan publik terhadap rasa kepuasan yang dirasakan  masyarakat menjadi sesuatu  yang penting untuk menjelaskan bagaimana kualitas kerja dari birokrasi pelayanan publik. Pelaksanaan dari pelayanan publik akan mengarah pada standar pelayanan yang menjadi titik acuan menciptakan kualitas pelayanan publik yang digunakan sebagai pedoman dalam menggerakan pelayanan atas kualitas yang lebih cepat, terjangkau, mudah dan teratur.  Birokrasi mengharapkan suatu perubahan baik terhadap individu maupun organisasi. Hal tersebut menjadi sebuah pemikiran logis dari sebuah kenyataan dari birokrasi yang diharapkan masyarakat. Sedangkan Pembukaan Undang-Undang Dasar sudah jelas ditegaskan dalam alinea ke-4 bahwasanya Negara Republik Indonesia memiliki tujuan untuk memberikan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsanya.

Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, yaitu studi penelitian yang mengambil objek penelitiannya berupa dari karya-karya kepustakaan baik dari artikel ilmiah, buku cetak, buku pdf, artikel dalam media massa, jurnal ilmiah, maupun data-data yang sudah dikumpulkan dari penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian akan menjelaskan bagaimana kendala birokrasi, peran dan fungsi birokrasi dinilai sangat penting dalam mempengaruhi efektifitas jalannya pelayanan publik. Birokrasi harus dapat meminimalisir bentuk kendala yang muncul dengan menjalankan peran dan fungsinya dengan baik agar terciptanya pelayanan publik yang optimal.


Keywords


Birokrasi; Pelayanan Publik

Full Text:

pdf

References


Desriadi. (2017). Pemerintahan Dan Birokrasi. Jurnal Trias Poitika, 1(1), 64–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/jtp.v1i1.717

Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2013). Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Reformasi, 3(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/rfr.v3i1.30

Egeten, M. (2014). Perilaku Birokrasi Pemerintahan Dalam Pelayanan Perizinan Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(27), 1–12.

Kadir, A. (2017). Studi Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik. http://docs.google.com/

Lestari, R. A. (2019). Reformasi Birokrasi Sebagai Pelayanan Publik. Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN “Veteran”

Jatim, 9(1), 62–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jdg.v9i1.1421

Mulyadi. (2018). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. https://ekbis.sindonews.com/read/959102/34/kemenperin-pede-ikm-tumbuh-7-5- tahun-ini-1422879320 / 8-02-2017

Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia , Sudahkah Berlandaskan Konsep “ Welfare State ”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31078/jk1132

Rianaldi, R. (2012). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara). 1(1), 22–34. https://doi.org/10.31289/jap.v2i1.945

Risnawan, W. (2017). Fungsi Birokrasi dalam Efektivitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(1), 156–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i1.1951

Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi, U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., & Suranto. (2017). Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Cakra Prabu, 01(01), 22–36. https://doi.org/https://doi.org/10.36859/jcp.v1i01.50

Sitindjak, V. (2017). Konsep reformasi birokrasi. Jurnal Inspirasi, 8(2), 79–89.

Sugandha, D. (2019). Birokrasi dan Pelayanan Publik. 40–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31113/jia.v3i1.437

Umam, U., & Adianto. (2020). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Humaniora, 4(1), 160–165. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.600

U No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Wakhid, A. A. (2011). Eksistensi Konsep Birokrasi Max Weber Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal TAPIs, 7(13), 126–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/tps.v7i2.1540




DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v24i2.7584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hannes Magdalena Hutagalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing: