FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN KEPEMIMPINAN LURAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KELURAHAN MUGIREJO KECAMATAN SAMARINDA UTARA

Salasiah dan Rico Dwi Julianto

Abstract


Penelitian yang berjudul “Peran Kepemimpinan Lurah dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Mugirejo Kecamatan Samarinda Utara” mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana kepemimpinan lurah dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Lurah Mugirejo Kantor Kecamatan Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian kualitatif merupakan penelitian pada jenis penelitian deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Fokus penelitian adalah peran kepemimpinan lurah dalam meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Kelurahan Mugirejo Samarinda Utara, memberikan pelatihan pengetahuan, orientasi kemampuan, keterampilan, dan supervisi teknis. Berdasarkan hasil penelitian kepemimpinan lurah dalam meningkatkan kinerja pegawai di kantor desa Mugirejo kabupaten Samarinda Utara sudah cukup baik. Berdasarkan pelayanan yang ada di kantor desa Mugirejo kabupaten Samarinda utara terlihat sudah berusaha sebaik-baiknya, namun masih terdapat pekerjaan yang terhambat karena kendala.

Keywords


Faktor, kepemimpinan, kinerja pegawai

Full Text:

pdf

References


Anwar Prabu Mangkunegara (2005). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya.

Abu, Ahmadi (2008). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Abdulsyani (2012). Sisiologi, Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.

Duverger, Maurice (2010). Sisiologi Politik. Jakarta : Penerbit Rajagrafindo Persada. 426 Halaman.

Hasibuan, Melayu (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Hamidi (2007). Metode Penelitian Kualitatif Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal. Penelitian dan Laporan. Malang : Penerbit UMM Press.

H Usman, PS Akbar (2003). Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.

Karl dan Rosenzweig (2002). Organisasi dan Manajemen Penerjemahan A. Hasim Ali. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Lijan Poltak, Dkk (2011). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan, Dan Implementasi. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.

Markus, Anjelina (2018). Volume 1. Peranan Lembaga Adat Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Di Desa Salurang Kecamatan Tabukan Selatan Tengah Kabupaten Sangihe. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Sam ratulangi : Penerbit : Universitas Sam Ratulangi.

Maran, rafael Raga (2007). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Matutina (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke II, Jakarta : Penerbit Gramedia Sarana IndonesiaMaran, rafael Raga (2007). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta : PenerbitRineka Cipta.

Rivai, Vithzal & Ahmad Fawzi Mohd Basri (2005). Performance Appraisal : Untuk Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Vithzal (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono (2002). Teori Peranan. Jakarta : Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P (2003). Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Torik (2005). Peranan Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Dalam Pembangunan Kesehatan Masyarakat. Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang : Penerbit Universitas Negeri Semarang.

Wirawan (2013). Kepemimpinan : Teori, Psilogi, Perilaku Organisai, Aplikasi, Dan Penelitian. Jakarta.

Wibowo (2008). Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wibowo (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v25i1.8000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salasiah dan Rico Dwi Julianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing: