PERAN DINAS PERDAGANGAN DAN PERDAGANGAN DALAM MEWUJUDKAN PENGAWASAN DAN KETERTIBAN PASAR IJABAH DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Pasar Ijabah di Kota Samarinda (Dinas Kota Kalimantan Timur).
Jenis penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 7 orang, diantaranya 4 orang pegawai Pasar Ijabah dan 3 orang pedagang Pasar Ijabah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan mengunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, memilah data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pasar Ijabah Adalah Pasar Tradisional, Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi dari persoalan ketertiban dan kebersihan pasar. Dalam pelaksanaan ketertiban dan kebersihan pasar tersebut dilandaskan pada Peraturan Walikota Samarinda No. 117 Tahun 2021, tantang tugas pokok dan fungsi dinas perdagangan dan perindustrian. Dalam peraturan walikota tersebut dijelaskan yang menjadi tugas-tugas dan fungsi dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah pasar Ijabah. Hasil dari penelitian ini adalah dalam tugas pokok dan fungsinya tersebut bidang pasar sudah melakukan peranannya.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Aliyah, Istijabatul, 2020, Pasar Tradisional: Kebertahanan Pasar Dalam Konstelasi Kota, Yayasan Kita Menulis, Medan.
Arifin, Muhammad. “Revitalisasi Pasar Rakyat dalam Upaya Peningkatan Sosial Ekonomi Pedagang dan Eksistensi Pasar di Pasar Mandalika Kota Mataram.” Jurnal LENTERA Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi Vol. 20 No. 02 (2021).
Asyhadie,Zaeni, 2017, Hukum Bisnis: Prinsip Dan Pelaksanaannya di Indonesia, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Badan Standarisasi Nasional. “SNI No. 8152:2015, Pasar Rakyat”. 06 April 2015.
Jogiyanto H. 2011. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Kamus Besar Bahas Indonesia, 2018, Depatermen Pendidikan Nasional, Balai Pusat, Jakarta.
Kemendag, “Progres Pembangunan/ Revitalisasi Pasar Rakyat”. (2016), https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/ProgresPembangu nan.aspx.
Lukito, Yulia Nurliani. Revitalisasi Ruang Pasar Tradisional melalui Pendekatan Desain dan Interaksi Pengguna Ruang. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Malano, Hermanto, 2011, Selamatkan Pasar Tradisonal, Gramedia, Jakarta.
Moeleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Muriana, Dwi, dkk. “Analisis Revitalisasi Pasar terhadap Pendapatan Pedagang”. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Vol. 09, No. 01 (2020).
Nayoan, Tania, dkk. “Dampak Ekonomi Kebijakan Revitalisasi Pasar (Studi di Pasar Rakyat Desa Poopo Utara Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan)”. Jurnal Administrasi Publik No. 103 Vol. 07 (2021).
Nurdin, Ismail, dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Peraturan Menteri Dalam Negeri RI. “20 Tahun 2012, Pengelolaan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional”, 07 Februari 2012.
Peraturan Menteri Perdagangan RI. “37 Tahun 2017, Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan”, 5 Juni 2017.
Peraturan Menteri Perdagangan RI. “No.56/M-DAG/PER/9/2014, Perubahan Menteri Perdagangan Nomor 70/MDAG/PER/12/2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern,” 17 September 2014.
Peraturan Presiden. “112 Tahun 2007, Penataaan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern”, 27 Desember 2007.
Pratiwi, Kadek Cyntia, dan I Nengah Kartika. “Analisis Efektivitas Program Revitalisasi Pasar Tradisional dan Dampaknya terhadap Pendapatan Pedagang dan Pengelolaan Pasar Pohgading”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Vol. 8 Nol. 7 (2019).
Putri, Dwifany Yodina. “Pengaruh Relokasi terhadap Sosial dan Ekonomi Pedagang di Pasar Atas Bukittinggi”. Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol. 6 No. 2 (2019). Rapanna, Patta, dan Zulfikry Sukarno. Ekonomi Pembangunan. Makassar: CV. Sah Media, 2017.
Silitonga, Tifani Sasnila, dan Asal Wahyuni Erlin Mulyadi. “Analisis Dampak Ekonomi Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional (Studi Kasus pada Revitalisasi Pasar Tanggul Surakarta)”. Jurnal Mahasiswa Wacana Publik Vol. 01, No. 02 (2021). Siyoso, Sandu, dan Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Alfabeta Bandung.
Tambunan, Tulus, 2020, Pasar Tradisional Dan Peran UMKM, PT Penerbit IPB Press, Bogor.
Widoatmodjo, Sawidji, 2015, Pengetahuan Tentang Pasar, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Yulia, Nency, dan Rifki Khoirudin. “Analisis Efektivitas Investasi Revitalisasi Pasar Tradisional di Sleman Yogyakarta”. Jurnal Saham, Ekonomi, Keuangan dan investasi, Vol. 4 No. 2 (2021).
DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v25i2.8421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Achmad Al Zulkhalfi Tiffani Dwitra, Ahmad Jubaidi, dan Sumarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: