STUDI TENTANG KEBIJAKAN SDGs PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI KALANGAN DISABILITAS SMAN 8 SAMARINDA

Sumarni, Ahmad Jubaidi, dan Atika Rea Diana

Abstract


Penelitian yang berjudul “Studi Tentang Kebijakan SDGs Pendidikan Inklusif Bagi Kalangan Disabilitas SMAN 8 Samarinda” ini mengangkat rumusan masalah yakni bagaimana studi tentang kebijakan SDGs Pendidikan Inklusif Bagi Kalangan Disabilitas SMAN 8 Samarinda. Penelitian ini sendiri berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini meliputi beberapa aspek yaitu guru, kuruikulum, sarana prasarana dan peran orang tua. Dari hasil penelitian dan pembahasan kemudian di simpulkan bahwa penyelenggaraan kebijakan pendidikan inklusif ( sekolah inklusi ) di SMAN 8 Samarinda berjalan dengan baik. Setiap stakeholder baik pemerintah, sekolah maupun para orang tua murid bekerja sama dengan baik guna mendukung kebijakan yang di selenggarakan di SMAN 8 Samarinda. Dengan menyatukan semua aspek sekolah dapat menjadi lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan, menghargai keberagaman dan memungkinkan setiap peserta didik untuk mencapai potensinya secara optimal.

Keywords


Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

pdf

References


DAFTAR PUSTAKA

Arianty, A. D. & Winaryati, E. (2023).

Pengembangan iJateng

Perpustakaan Digital sebagai

Upaya Mewujudkan Tujuan

Pembangunan Berkelanjutan

(SDGs) di Bidang Pendidikan

Development of iJateng Digital

Library as an Effort to Realize

Sustainable Development Goals

(SDGs) in Education Sector.

Aulia Azizah. 2024. Mewujudkan

Pendidikan Inklusif

Bapedda Provinsi Kalbar. 2015. Sejarah

Singkat Adanya DGs.

tpb.kalbarprov.go.id.

https://tpb.kalbarprov.go.id/sdgs/te

ntang

Daniel P. Hallahan, 2009. Exceptional

Learners: An Introduction to

Special Education, Cet. ke- 10,

(Boston: Pearson Education Inc.,

,

Editorial. 2023. Sekolah Inklusi

Membuka Peluang Pendidikan

Terbaik Bagi Anak Penyandang

Disabilitas. JurnalKaltim.

https://jurnalkaltim.com/kalimanta

n-timur/samarinda/sekolahinklusi- sman-8-samarinda/

Ibnu, Badar Al-Tabany Trianto. 2015.

Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif, Progresif, dan

Kontekstual. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kemendikbud. 2021. Pendidikan

Inklusif.

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/de

tail/infografis-pendidikan

inklusif#:~:text=Pendidikan

inklusif adalah sistem

penyelenggaraan,sama dengan

peserta didik.

Keputusan Menteri Pemberdayagunaan

Aparatur Negara Nomor 63 Tahun

Lexy J. Moleong, 2008. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara A.A. Anwar Prabu.

Manajemen Sumber DayaManusia Perusahaan. Bandung

:PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu.

Manajemen Sumber Daya

Manusia Perusahaan. Bandung :

PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hlm.94

Miles, Mattew B dan Amichael

Huberman. 2007. Analisis Data

Kualitatif Buku Sumber tentang

Metode-Metode Baru. Terjemahan

Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta:

Universitas Indonesia.

Munaiyah. 2024. Implementasi Program

Pendidikan Inklusif di Kota

Surabaya.

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.

id/implementasi-programpendidikan-inklusif-di-kotasurabaya/

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

RI Nomor 70 Tahun 2009 Tentang

Pendidikan Inklusif bagi Peserta

Didik yang Memiliki Kelainan dan

Memiliki Potensi Kecerdasan

dan/atau Bakat Istimewa.

Permana, E. P. 2016. “Penerapan

Metode Pembelajaran Kooperatif

Numbered Heads Together (NHT)

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

dan Berpikir Kritis Siswa Pada

Mata Pelajaran IPS SD”. Jurnal

Pendidikan Dasar Nusantara.

Volume 1.

Priatna, T. (2017). Prosedur Penelitian

Pendidikan. CV. Insan Mandiri,

Bandung.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan

Nasional. 2005. Kamus Besar

Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai

Pustaka.. hlm. 646.

Putrayasa, I M. dkk. 2014. “Pengaruh

Model Pembelajaran Discovery

Learning dan Minat Belajar

Terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa”. Jurnal Mimbar PGSD

Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan PGSD. Volume 2. Nomor

Ratminto dan Atik Septi Winarsih,

Op.Cit., hlm. 245.

Saraswati Arsani. 2021. Jurnal Kajian

Penelitian dan Pendidikan dan

Pembelajaran

Saryono. 2010, Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta

Sieta, 2017. Sudah Tepatkah

Pendidikan inklusif di Indonesia

untuk ABK?

https://kuliahpaudub.wordpress.com/20

/06/10/sudah-tepatkahpendidikan-inklusif-di-indonesia-untukabk/

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan

Matematika di Indonesia:

Konstatasi Keadaan Masa Kini

Menuju Harapan Masa Depan.

Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi.

Sugiyono Prof, Dr. 2010. Metode

Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D.

Bandung : Cv. Alfa Beta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. (2009). Manajemen

Pendidikan Inklusif. Makalah

Seminar Nasional Jurusan PLB

FIP UPI ± Pebruari 2009.

Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu

Administrasi. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Umi Narimawati, 2008. Metodologi

Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Teori dan Aplikasi.

Bandung: Agung Media.

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional (UU

Sisdiknas)

Wulandari, D. 2023. Disdikbud

Samarinda : SMAN 8 Samarinda

Sekolah Inklusi Bagi Anak

Disabilita




DOI: https://doi.org/10.31293/ddk.v26i1.8879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sumarni, Ahmad Jubaidi, dan Atika Rea Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing: