STUDI TENTANG PEMANFAATAN LAHAN DENGAN POLA AGROFORESTRY PADA KEBUN BELIMBING DI DESA MANUNGGAL JAYA KECAMATAN TENGGARONG SEBRANG

Rahmat Andriansyah, Abdul Kholik Hidayah, Mohammad Taufan Tirkaamiana

Abstract


Manfaat yang dapat diperoleh dari pengelolaan kebun yang berbasis agroforestry adalah produksi hasil tanaman berjangka panjang bagi petani secara ekonomi dan menjaga tanah tetap subur serta produktif.

Tujuan Penelitian adalah  bertujuan untuk mendeskripsikan pola agroforestry dari aspek ekologi dan ekonomi pada kebun belimbing di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai Juli 2019 dan bertujuan untuk mengetahui pola agroforestry dalam pemanfaatan lahan yang diterapkan oleh pemilik lahan, baik itu dari aspek finansial maupun aspek ekologi.

Metode pada penelitian ini menggunakan metode ekplorasi melalui observasi langsung dilapangan dengan menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Data dan informasi dikumpulkan melalui pembuatan kuisioner wawancara, studi dokumentasi, pengamatan dilapangan, kemudian diklasifikasi segala jenis biaya yang diperlukan dalam usahatani ini sehingga dapat diketahui layak atau tidaknya usaha ini dijalankan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya pola agroforestry yang diterapkan adalah dengan sistem agroforestry kebun campuran dengan pola tanam acak dan pola tanam teratur, untuk tanaman belimbing merupakan tanaman yang paling sering dijumpai bersama juga tanaman jambu air dan jambu kristal. Sedangkan hasil dari analisis finansial menunjukan Net Present Value > 0 yaitu Rp. 586.153.801 pada suku bunga 20%, Net Benefit Cos Ratio > 1 yaitu 5,35 pada suku bunga 10%, dan Internal Rate Of Return 19,4% pada tahun ke 7.


Keywords


Agroforestry, Kebun belimbing, Pemanfaatan lahan

Full Text:

PDF

References


Albrecht, A., & Kandji, S. T. (2003). Carbon sequestration in tropical agroforestry systems. Agriculture, ecosystems & environment, 99(1-3), 15-27.

De Foresta H. and G. Michon. (1997). The Agroforestri alternative to imperata grasslands: when smallholder agriculture and forestry reach sustainability. Agroforestry Systems: 36 : 105 – 120.

FAO, IRR., (1995). Resource management for unpland areas in SE-Asia. An Information Kit. Farm field document 2. Food and Agriculture Organisation of the United Nations.

Gray, C. (1992). Comparing Public Policies: The Case of Cultural Policy in Western Europe. Leicester Business School, Leicester Polytechnic.

Gray, Clive dkk. (2005). Pengantar Evaluasi Proyek, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hairiah, K. Mustafa, dan Sambas (2003). Pengantar Agroforestry. Bahan Ajaran Agroforestry 1. ICRAF, Bogor.

Hakim, L., Pamungkas, N. R., Wicaksono, K. P., & Soemarno, S. (2018). The Conservation of Osingnese Traditional Home Garden Agroforestry in Banyuwangi, East Java, Indonesia. AGRIVITA, Journal of Agricultural Science, 40(3), 506-514.

Indriyanto. (2006). Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lahjie, A. M. (1990). Agroforestry Suatu Pengantar. Diktat Kuliah Facultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda.

Mahendra, F. (2009). Sistem Agroforestry dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Montagnini, F., & Nair, P. K. R. (2004). Carbon sequestration: an underexploited environmental benefit of agroforestry systems. In New vistas in agroforestry (pp. 281-295). Springer, Dordrecht.

Nair PKR. (1989). Agroforestry systems in the tropics. Kluwer Academic Publisher.

Paembonan, S. A. (2012). Hutan tanaman dan serapan karbon. Makassar: Masagena Press.

Soemitro, P. W. (2001). Peranan Hijauan – Legume dan Ternak dalam Pertanian Berkelanjutan. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar Fakultas Peternakan UGM.

Utami S. R, Bruno Verbist, Meine Van Noordwijk, Kurniatun Hairiah dan Mustofa Agung Sardjono (2003). Prospek Penelitian dan Pengembangan Agroforestry di Indonesia. World Agroforestry Centre ICRAF. Bogor.

Warisno. (2003). Budidaya Pepaya. Yogyakarta: Kansius.

WIRYONO, W., PUTERI, V. N. U., & SENOAJI, G. (2016). The diversity of plant species, the types of plant uses and the estimate of carbon stock in agroforestry system in Harapan Makmur Village, Bengkulu, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 17(1).




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v20i1.4840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRIFOR

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani