ANALISIS PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH DENGAN PEMBERIAN PUPUK MONO KALIM PHOSPHATE PADA TANAH SUB OBTIMAL

Akhmad Sopian

Abstract


Analisis Pertumbuhan dan Produksi Tanaman  Bawang Merah dengan Pemberian Pupuk Mono Kalium Phosphate pada Tanah Sub Obtimal .

Potensi tanah di Kalimantan Timur cukup baik untuk pengembangan tanaman bawang merah. Target pengembangan bawang merah, di Kabupaten Paser seluas 20 hektare, Kabupaten Berau 30 hektare, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara masing-masing seluas 20 hektare. Penyiapan lahan yang baik dan pemberian hara yang cukup pada lahan sub obtimal akan menciptakan media tanaman yang baik dalam mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman. Penelitian bertujuan untuk: merakit teknologi pengelolaan lahan suboptimal melalui penerapan pengelolaan lahan dan hara secara terpadu mengetahui potensi produksi bawang merah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan jumlah 6 ulangan. Perlakuan pupuk cair mono kalium phosphate (MPK)  terdiri atas 4 taraf konsentrasi yaitu : P0 = Kontrol (10 g NPK Mutiara), P2 = 2 g MPK//liter air, P3 = 3 g MPK/liter air, P4 = 4 g MPK/liter air. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pemberian pupuk cair mpk berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah umbi dan berat umbi. Bawang merah varietas Bima Brebes potensial untuk dikembangakan pada tanah ultisol dengan perbaikan sifat fisik dan kimia tanah. Pemupukan NPK mutiara yang ditabur pada tanah menunjukkan hasil yang efektif dibandingkan menggunakan pupuk cair MPK yang diberikan dengan cara disiram. Hasil rata-rata jumlah umbi yang diberikan pupuk NPK mutiara yakni 11 umbi dengan berat rata-rata umbi 6,5 g.

 

 


Full Text:

PDF

References


Ardi E, 2018. Bawang Merah, Teknik Budidaya dan Peluang Usaha. Trans Idea Publishing, Yogyakarta.

Burhanudin dan Syukur (2006) Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalanicum L) Pada Berbagai Pupuk Kandang. Jurnal Agroland 13(3); 265-269.

Distan Kaltim, 2017. Kementan Kembangkan 100 Hektar Bawang Merah Kaltim, Antara Kaltim, Samarinda.

Gomez K and Gomez A, 1995. Prosedur Statistik Untuk Penelitian Pertanian. Terjemahan Syamsudin E dan Baharsjah JS.UI Press, Jakarta.

Hardjowigeno S, 2007. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo, Jakarta

Kementan, 2019. Buletin Pangan (Konsumsi dan Neraca Penyediaan dan Penggunaan Bawang Merah) 10 (1) 1-96

Kusuma, Arkan Azis, Santi Rosniawaty, and Yudithia Maxiselly. 2019. “Pengaruh Asam Humat Dan Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kakao (Theobroma Cacao L.) Belum Menghasilkan Klon Sulawesi 1.” Kultivasi 18(1):46–52.

Mehran, M., E. Kesumawaty, and S. Sufardi. 2016. “Pertumbuhan Dan Hasil Beberapa Varietas Bawang Merah (Allium Ascalonicum L) Pada Tanah Aluvial Akibat Pemberian Berbagai Dosis ….” Jurnal Floratek 11:117–33.

Napitupulu, D. and L. Winarto. 2010. “Pengaruh Pemberian Pupuk N Dan K Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah.” Jurnal Hortikultura 20(1):136783.

Palupi T dan Alfandi. 2018.

Pengaruh Jarak Tanam Dan Pemotongan Umbi Bibit Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Varietas Bima Brebes

Purnawanto, agus mulyadi and gayuh prasetyo Budi. 2008. “Kajian Pengembangan Bawang Merah Pada Lahan Berkadar Liat Tinggi (Vertisol) Dengan Penambahan Pupuk Organik.” Agritech x(2):108–20.

Susila, AD, JG Kartika, T Prasetyo, dan MC Palada. 2010. Fertilizer recommendation: correlation and calibration study of soil P test for yard long bean (Vigna unguilata L.) on Ultisols in Nanggung-Bogor. Jurnal Agron Indonesia. 38 (3): 225-231.

Tandi, Olvie G., J. Paulus, and A. Pinaria. 2015. “Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Berbasis Aplikasi Biourine Sapi.” Eugenia 21(3):142–50.

WA, Tambunan, Sipayung R, and Sitepu FE. 2014. “Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Dengan Pemberian Pupuk Hayati Pada Berbagai Media Tanam.Jurnal Online Agroteknologi.” IEEE International Conference on Acoustics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2014 41(2):84–93.

Winarso 2005. Kesuburan Tanah, Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah Gava Media. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v20i1.5169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani