MIKROBIA PADA Plant Growth Promoting Rhizobakteri BAMBU, ALANG-ALANG DAN PISANG

Sopialena Sopialena, Surya Sila, Sofian Sofian, Jahira S

Abstract


Plant Growth Promoting Rhizocbacteria (PGPR) adalah sejenis bakteri yang hidup di sekitar perakaran tanaman. Bakteri tersebut hidupnya secara berkoloni menyelimuti akar tanaman sehingga memberikan keuntungan bagi tanaman. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bakteri yang terdapat pada PGPR akar bambu, akar alang-alang dan akar pisang. Penelitian dilakukan di laboratorium Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Isolasi bakteri PGPR dilakukan dengan mengambil sampel dari ketiga bahan larutan PGPR tersebut. Kemudian setiap sampel PGPR diambil sebanyak 2 ml dan ditumbuhkan pada media Nutrient Agar (NA) dengan metode sebar. Dari masing-masing PGPR dibuat pada 4 (empat) cawan petri, sehingga didapat sebanyak 12 isolat bakteri PGPR yang mampu tumbuh pada media tersebut. Beberapa genus yang termasuk dalam PGPR tersebut adalah Pseudomonas, Serratia, Azotobacter, Azospirillum, Acetobacter, Burkholderia, Enterobacter, Rhizobium, Erwinia, Flavobacterium dan Bacillus. Masing-masing isolat rhizobacteria memiliki peranan yang penting dalam mengendalikan serangan patogen dan memicu pertumbuhan. Analisa bakteri digunakan sebagai parameter untuk mengetahui efektivitas serta potensi yang terkandung dalam bakteri tersebut.


Keywords


PGPR, akar bambu, akar alang-alang, akar pisang, jenis bakteri

Full Text:

PDF

References


Hardiansyah, Muhammad Yusril, Yunus Musa, and Abdul Mollah Jaya. 2020. “Identifikasi Plant Growth Promoting Rhizobacteria Pada Rizosfer Bambu Duri Dengan Gram KOH 3%.” Agrotechnology Research Journal 4(1):41–46. doi: 10.20961/agrotechresj.v4i1.40875.

Husen, E., R. Saraswati dan R.D. Hastuti. 2006. Rizobakteri Pemacu Tumbuh Tanaman. www.nuance.com

Khasanah, EWN., Eny Fuskhah, Sutarno. 2021. Pengaruh berbagai jenis pupuk kandang dan konsentrasi Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap pertumbuhan dan produksi cabai (Capsicum annum L.) Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro.

Rahni, N. M. 2012. Efek Fitohormon PGPR Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea Mays). Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. 3(2):4-8.

Raupach, G. S. dan J. W. Kloepper. 1998. Mixtures of Plant Growth Promoting Rhizobacteria Enhance Biological Control of Multiple Cucumber Pathogens. Phytopathology. 88:1158- 1164.

Salamiah dan R. Wahdah. 2015. Pemanfaatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dalam pengendalian penyakit tungro pada padi lokal Kalimantan Selatan. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon1 (6): 1448- 1456.

Semangun H. 2000. Penyakit-penyakit Tanaman Hortikultura di Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Soesanto, L. 2008. Pengantar Pengendalian Hayati Penyakit Tanaman. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Sofy, A. R., Sofy, M. R., Hmed, A. A., & El-Dougdoug, N. K. (2019). Potential Effect of Plant Growth-Promoting Rhizobacteria (PGPR) on Enhancing Protection Against Viral Diseases (Issue October). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-30926-8_15

Tahir, M., & Sarwar, M. A. (2013). Plant Growth promoting rhizobacteria (PGPR): A budding complement of synthetic fertilizers for improving crop production. Pakistan Journal of Life and Social Sciences, 11(1), 1–7.

Wardanah, T. 2007. Pemanfaatan bakteri perakaran pemacu pertumbuhan tanaman (Plant Growth-Promoting Rhizobacteria) untuk mengendalikan penyakit mosaik tembakau (Tobacco Mosaic Virus) pada tanaman cabai. Skripsi. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Wahyuningsih, E., Herlina, N., & Tyasmoro, Y. (2017). Pemberian PGPR ( Plant Growth Promoting Rizhobacteria ) dan Pupuk Kotoran Kelinci Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). Jurnal Produksi Tanaman, 5(4), 591–599.




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v22i1.6357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani