ANALISIS PENERIMAAN KAS PADA PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, TBK CABANG HANDIL 4 TAHUN 2014

Masrudi - -

Abstract


PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk cabang Handil 4 adalah Badan Usaha Milik Swasta yang bergerak dalam bidang pembiayaan kendaraan bermotor. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembiayaan (pemberian kredit), PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk cabang Handil 4 memegang peranan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan modal pembiayaan khususnya dalam pembiayaan kendaraan bermotor yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat kita sehingga dengan adanya perusahaan ini sangat membantu dan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor. Disamping itu penjualan kredit lebih banyak dipilih oleh konsumen karena kebanyakan masyarakat memilih mengeluarkan sebagian uangnya daripada mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Sehingga PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk Cabang Handil 4 memiliki piutang usaha yang jumlahnya sangat besar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern yang diterapkan oleh PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk cabang Handil 4 dan untuk menganalisa sistem penerimaan kas yang diterapkan oleh PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk cabang Handil 4.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini dalam menganalisa sistem penerimaan kas dari penagihan piutang pada PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk cabang Handil 4 akan digunakan metode komperatif atau perbandingan melalui cara

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidak sesuaian dengan unsur-unsur pengendalian intern yang belum adanya pencatatan ke kartu piutang, belum adanya pemisahan fungsi kasir dengan fungsi akuntansi (pencatatan), hasil perhitungan kas belum direkam dalam berita acara, para penagih dan kasir belum diasuransikan, dan masih belum diasuransikannya kas yang ditangan penagih maupun kasir.


Keywords


Penerimaan Kas

References


Adisaputro, Gunawan dan Marwan Asri. 2003, Anggaran perusahaan 2, Yogyakarta, BPFE.

Baridwan, Zaki. 2000, Sistem Informasi Akuntansi : Penyusunan Prosedur dan Metode. Yogyakarta, BPFE.

______. 2002, Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode, Cetakan Kedelapan, Edisi 5., Yogyakarta, BPFE

Bodnar, G. H. dan W. S. Hopwood. 2000, Sistem Informasi Akuntansi, Buku 1, Jakarta, Salemba Empat.

Hall, James A. 2001, Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta, Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Syafi. 2011, Teori Akuntansi , Edisi Revisi cetakan ke-11, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Indriyo. 2005, Manajemen Keuangan, Yogyakarta, BPFE.

Jusuf, Al Haryono. 2003, Dasar-dasar Akuntansi, Jilid 2, Yogyakarta, STIE YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.