PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI SERBA USAHA MITRA MAJU KAMPUNG SUMBER SARI

DONISIUS. ELFREDA APLONIA LAU. IMAM NAZARUDIN LATIF

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyajian laporan keuangan Koperasi Serba Usaha “Mitra Maju” Kampung Sumber Sari telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27 .

                Dasar teori yang digunakan adalah Akuntansi Keuangan menurut Imam Santoso adalah merupakan proses yang berpuncak pada penyiapan laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh untuk digunakan oleh pihak internal dan eksternal perusahaan dalam rangka pengambilan keputusan. Pengertian Koperasi menurut Ima Suwandi adalah sebuah perusahaan dimana orang-orang berkumpul bukan untuk menyatukan uang atau modal melainkan sebagai akibat kesamaan kebutuhan ekonomi. Neraca menyajikan informasi mengenai asset, kewajiban dan ekuitas koperasi pada waktu tertentu. Perhitungan Hasil Usaha menurut Revrisonad Baswir adalah sisa hasil usaha merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan neraca dan perhitungan hasil usaha menurut PSAK No. 27.

                Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: 

1. Pada neraca yang dibuat oleh Koperasi Serba Usaha “Mitra Maju” Kampung  Sumber Sari diketahui adanya anggota yang belum membayar simpanan pokok dan simpanan wajib tetapi tidak disajikan sebagai piutang simpanan pokok dan simpanan wajib. Menurut PSAK No.27 tentang Akuntansi Perkoperasian, Simpanan pokok dan simpanan wajib yang belum diterima dari anggota disajikan sebagai piutang simpanan pokok dan simpanan wajib.

2. Pada Perhitungan Hasil Usaha yang dibuat Koperasi Serba Usaha “Mitra Maju” Kampung Sumber Sari  belum sesuai dengan PSAK. No. 27, karena adanya penyajian pendapatan koperasi yang berasal dari anggota tidak disajikan terpisah. Menurut PSAK No. 27, tentang Akuntansi Perkoperasian, pendapatan koperasi yang berasal dari anggota, beban usaha dan beban perkoperasian juga harus disajikan terpisah dalam laporan PHU ( Perhitungan Hasil Usaha ).


Keywords


Laporan Keuangan, PSAK No. 27

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2009, Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta,Salemba Empat.

Baswir, Revrisond, 2007, Koperasi Indonesia, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE UGM.

Santoso, Imam, 2007, Akuntansi Keuangan Menengah, Cetakan 1, Bandung, Refika Aditama.

Suwandi, Ima, 2005, Koperasi Organisasi Ekonomi Yang Berwatak Sosial, Edisi 5, Jakarta, Bharata Karya Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.