AKTOR PENENTU HARGA SAHAM PERTAMBANAGN SUB SEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Jonnar Situmorang, Elfreda Aplonia Lau, Rina Masithoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan sektor batubara periode 2010-2014 . Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang dimaksud disini adalah kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan variabel Return On Asset (ROA) dan Price Earning Ratio (PER), sedangkan variabel dependen adalah harga saham. Subyek dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pertambangan sektor batubara yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2010–2014.

          Dasar Teori dalam penelitian ini adalah  manajemen keuangan dan harga saham.

          Rumusan masalah adalah apakah ROA dan PER berpengaruh tehadap harga saham pada perusahaan pertambangan sub sektor batubara yang terdaftar di BEI periode 2010-2014.

          Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa ROA berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan sebaliknya PER menunjukkan tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan secara bersamaan  ROA dan PER berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

          Alat penelitian yang digunakan peneliti adalah ROA dan PER dimana hasil analisis data dengan pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel ROA berpengaruh positif (signifikan  0,001 < 0,05), sedangkan PER (signifikan 0,76 > 0,05) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Untuk pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan signifikasinya adalah 0,03 < 0,05, dikarenakan nilai signifikan lebih kecil dari nilai tingkat kepercayaan 5%  (signifikasi < 0,05), dapat disimpulkan ROA dan PER secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

          Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa ROA mempengaruhi harga saham yang artinya hipotesis diterima dan PER tidak ada pengaruh terhadap harga saham dan hipotesis PER ditolak

            Kesimpulan dalam penilitian ini bahwa ROA berpengaruh  terhadap harga saham secara parsial adalah positif atau diterima sedangkan PER ditolak dan penelitian secara simultan PER dan ROA terhadap harga saham berpengaruh positif (signifikan)

Keywords


Harga Saham, ROA, PER

Full Text:

PDF

References


Anonim, UU. Pasar Modal no. 8 Tahun 1995”Pengertian pasar modal”

_______, UU PSAK (Pernyataan Standard Akuntansu). No 01.IAI:2004:04. Pengertian laporan keuanagan.

Arifin, 2001, Membaca saham, Salemba Empat, Yogyakarta.

Darmadji, Tjiptiono. 2001. Pasar Modal diIndonesia Pendekatan Tanya Jawab.disi ktiga, Salemba Empat. FEUI, Jakarta

Http;//www.idx.co.id, laporan keuangan perusahaan pertambangan batubara yang telah go public dan fluktuasi harga saham periode 2010-2015.

Husnan, 2001. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Keenam.UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Jakarta

Pandji dan Piji, 2006, Pengantar pasar Modal. Cet. 5. Rineka Cipta. Jakarta.

Sunariyah, 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Keenam. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Kismono, 2001. Pengantar Bisnis, Edisi 2. BPFE Yogyakarta

Weston dan Brigham, 2002, Studi Kelayak Investasi Proyek dan Bisnis,Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiharto dan Lestari, 2007, Studi kelayakan Bisnis, Edisi ke tiga ,Kencana. Jakarta.

Sugiharto, dan Lestari. 2007. Kinerja Bank Devisa dan Non Devisa. BPFE, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.