ANALISIS LABA KOTOR PENJUALAN CAT PADA TOKO TIMUR JAYA DI MUARA JAWA

MOHAMMAD ZIKRI 1 LCA. Robin Jonathan2, , Elfreda Aplounia Lau

Abstract


Penjualan merupakan salah satu faktor dominan yang berperan penting dalam usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan usaha yang sedang dijalankan. Setiap pengusaha yang menjual barang atau jasanya harus jeli untuk menganalisis hambatan serta peluang penjualan dalam persaingan pasar.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah  manakah diantara Cat tembok Avitex, Komilex dan Cat tembok Aries  yang memberikan sumbangan laba Kotor terbesar untuk penjualan cat pada Toko Timur di Muara Jawa.

Dasar teori Manajemen Pemasaran yang menguraikan pengertian Manajemen Pemasaran dan membahas Analisa biaya pemasaran yang dilanjutkan dengan pembahasan manajemen penjualan dan konsep penjualan yang dirangkaikan dengan pembahasan Akuntansi Keuangan meliputi Harga Pokok Penjualan, Pengertian Laba, Analisis Laba Kotor dan Laporan Laba Rugi.Hipotesis dalam penelitian ini diduga bahwa penjualan Cat tembok Avitex memberikan sumbangan laba kotor yang lebih besar dibandingkan dengan penjualan Cat tembok Komilex dan Cat tembok Aries  pada Toko Timur Jaya di Muara Jawa.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh Jenis/merk Avitex  yang menghasilkan laba Kotor terbesar dari ketiga jenis/ merk cat tembok yang dijual yaitu sebesar Rp. 7.007.000,- dengan Harga Pokok sebesar Rp. 96.733.000,- kemudian Cat tembok Komilex dengan laba kotor sebesar Rp 3.555.000,- dengan Harga Pokok Penjualan sebesar Rp. 55.365.000,- dan jenis/merk Aries dengan laba Kotor sebesar Rp. 1.551.000,- dengan Harga Pokok Penjualan sebesar Rp. 45.676.000.Besarnya laba kotor, dan Harga Pokok Penjualan pada  Cat tembok Avitex yang tinggi dikarenakan : lebih banyak memiliki pilihan warna – warni cemerlang yang lagi trend pada saat ini, walaupun memiliki harga penjualan  lebih tinggi, dari kedua jenis/merk cat yang dijual pada Toko Timur Jaya di Muara Jawa. Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa penjualan Cat Avitex, Komilex dan Aries  memberikan sumbangan laba kotor pada Toko Timur Jaya diterima. Hipotesis kedua bahwa cat Avitex memberikan sumbangan Laba Kotor yang lebih besar dibanding cat Komilex dan cat Aries, terbukti dan dapat diterima.


Keywords


: Laba Kotor, Penjualan, Harga Pokok Penjualan, Biaya Operasional

Full Text:

PDF

References


Al Haryono Yusuf, 2003, Dasar – Dasar Akuntansi, Edisi Kedelapan Belas, Liberty, Yogyakarta.

.

Basu Swastha, 2000, Azas-Azas Marketing, Penerbit Akademi Keuangan Dan Bisnis (AKB), Yogyakarta.

Mulyadi, Akuntansi Biaya, 2004, Edisi Kedelapan, Bagian Penerbit, Sekolah Tinggi EkonomiYKPN, UGM Yogyakarta.

Murti Sumarni dan J. Suprihanto, 2000, Pengantar Bisnis dan Dasar – Dasar Ekonomi Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ke 5, Liberty, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.