PENGARUH PELATIHAN BIMTEK TERHADAP KINERJA PADA BADAN PENYULUHAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Muzdalifa, LCA. Robin Jonathan2, Imam Nazaruddin Latif3

Abstract


Pengembangan sumber daya manusia, sebenarnya dapat dilihat dari dari dua aspek, yaitu kuantitas dan kualitas. Pengertian kuantitas menyangkut jumlah sumber daya manusia. Kuantitas sumber daya manusia tanpa disertai dengan kualitas yang baik akan menjadi beban organisasi. Sedangkan kualitas, menyangkut mutu sumber daya manusia yang menyangkut kemampuan, baik kemampuan fisik maupun kemampuan non fisik (kecerdasan dan mental).Badan Penyuluhan Kabupaten Kutai Timur, jika dilihat dari kedua aspek tersebut, aspek kuantitas lebih dominan dilihat dari data kepegawaian dan aspek kualitas

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Badan Penyuluhan Kabupaten Kutai Timur.

Adapun hipotesis yang diajukan sebagai dugaan sementara adalah hipotesis pertama adalah pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Penyuluhan Kabupaten Kutai Timur.Untuk membuktikan hipotesis tersebut maka penulis menggunakan alat analisis regresi linier berganda.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuatitatif, dimana sumber data yang disuguhkan dalam bentuk angka. Data yang dikumpulkan  dalam penelitian ini adalah hasil menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden.

Persamaan linier dari hasil regresi yang didapat dalam penelitian ini adalah Y = 1,514 + 0,276X1 + 0,386X2. Dari persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh positif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan dan Pelatihan dengan nilai koefisien determinasi/R2 adalah sebesar 0,407 artinya 40% variasi kinerja dapat dijelaskan oleh variabel Pendidikan dan Pelatihan.

Hipotesis Diterima


Keywords


Pendidikan, Pelatihan, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Departemen Pertanian. 2003. Pedoman Umum Penyuluh Pertanian dalam Bentuk Peraturan Perundangan Tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya. Jakarta : Badan Pengembangan Suberdaya Manusia Pertanian. Jakarta : Departemen Petanian.

Hasibuan, S.P Melayu. 2007. Manajemen dan Evaluasi Kinerja (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Husein Umar.2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi & Tesis Bisnis. Jakarta : Raja Grafido

Mathis R.L & Jackson John H. 2001. Manajemen Sumber daya Manusia Jilid 1. Jakarta : Salemba

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu 2011. Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

________.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi I Cetakan 20. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.