ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN RUMAH PADA PT. PRIMA INDAH PERWITA

Vera Noviani, Elfreda Aplonia Lau, Mardiana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggolongan biaya - biaya yang mempengaruhi harga pokok penjualan unit rumah, yang dihasilkan oleh pihak perusahaan, Untuk mengetahui penentuan harga pokok penjualan yang ditetapkan dalam menghitung produksi rumah per unit dan Untuk mengetahui perbedaan penggolongan biaya menurut perusahaan dan  menurut  teori akuntansi biaya.

            Rumusan masalah dalam makalah ini adalah, apakah perhitungan harga pokok penjualan rumah pada PT. Prima Indah Perwita telah sesuai dengan teori akuntansi biaya tentang Harga Pokok Produksi dengan menggunakan metode Harga Pokok Pesanan?.

            Teori akuntansi biaya dan hipotesis yang fokus pada perhitungan harga pokok penjualan rumah yang sesuai dengan teori akuntansi biaya tentang Harga Pokok Produksi dengan menggunakan metode Harga Pokok Pesanan. Hipotesis dalam makalah ini adalah: Harga Pokok Penjualan rumah pada PT. Prima Indah Perwita lebih kecil dari pada Harga Pokok Penjualan rumah berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Metode Harga Pokok.

            Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini nantinya akan lebih banyak bersifat kuantitatif dan mengkooperatifkan sistem harga pokok ataupun distribusi biaya yang telah diterapkan perusahaan dengan metode penyusunan atau distribusi biaya, kemudian mencari yang paling efisien dan lebih menguntungkan dalam alternatif pemecahan masalahnya dalam makalah ini adalah bahwa perhitungan harga pokok penjualan menurut hasil analisis lebih tinggi dari perhitungan perusahaan dan hasil penelitian ini menerima hipotesis.

Hasil penelitian dan penganalisaan harga pokok penjualan dengan menggunakan metode harga pokok pesanan ternyata hal utama yang menyebabkan perbedaan perhitungan harga pokok penjualan tersebut terletak pada perbedaan penggolongan biaya dan tidak diikutsertakannya sales fee dari harga jual rumah per unit dalam menentukan harga pokok penjualan , sehingga dapat disimpulkan bahwa perhitungan harga pokok penjualan menurut hasil analisis lebih tinggi dari perhitungan perusahaan.

Keywords


Harga Pokok Penjualan dan Harga Pokok Produksi

Full Text:

PDF

References


Baridwan Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Cetakan Pertama, Yogyakarta.

Brata, Sunardi Surya, 2003, Metode Penelitian Survey, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Carter, William. K, 2009, Akuntansi Biaya, Edisi 14 Buku 1, Salemba Empat, Jagakarsa, Jakarta.

Dunia, Firdaus. A, 2005, Pengantar Akuntansi, Edisi Kedua, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesi, Jakarta.

Halim, Abdul, dan Supomo, Bambang, 2005, Akuntansi Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan Kesebelas, BPFE UGM, Yogyakarta.

Kartadinata, Abas, 2000, Akuntansi dan Analisis Biaya : Suatu Pendakatan terhadap Tingkah Laku Biaya, Edisi yang Diperbaharui, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta, Jakarta.

Kusnadi, 2005, Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Mulyadi, 2005, Akuntansi Biaya, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Mursyidi, 2008, Akuntansi Biaya, Conventional Costing, Just In Time, And Activity Based Costing, Cetakan Pertama, PT. Refika Aditama, Bandung.

Nafarin, M, 2004, Akuntansi Pendekatan Siklus dan Pajak untuk Perusahaan Industri dan Dagang, Ghalia Indonesia, Jakarta.

R, Hansen Don, and M, Mowen Maryanne, 2003, Management Accounting, Sixth Edition, South-Western Thomson Learning, United States.

Sadeli, Lili. M, 2000, Dasar-dasar Akuntansi, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.

Simamora, Henry, 2002, Akuntansi Manajemen, Cetakan Pertama, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Sulastiningsih, Zulkifli, 2001, Akuntansi Biaya Dilengkapi Dengan Isu-isu Kontemporer, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Sunarto, 2002, Akuntansi Biaya, Edisi Revisi, Pena Persada, Yogyakarta.

Supriyono, R.A, 2007, Akuntansi Biaya, Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, Buku 1, Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas, BPFE UGM, Yogyakarta.

Yusuf, Al Haryono, 2003, Dasar-dasar Akuntansi, Jilid I Edisi Keeenam, STIE YKPN, Yogyakarta.

Supriyono, R.A, 2007, Akuntansi Biaya, Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, Buku 1, Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas, BPFE UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.