EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBERRIAN KREDIT ATAS JENIS PEMBIAYAAN PADA PT. PEGADAIAN KANTOR CABANG MARTADINATA SAMARINDA

Mujib Burahman -

Abstract


Pegadaian merupakan badan usaha yang sifatnya bersifat sosial, dengan melandaskan  kegiatannya atas dasar hukum gadai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi sistem pengendalian intern pemberian kredit pada Pegadaian Cabang Martadinata. Penelitian dilakukan dengan membandingkan sistem pengendalian intern yang diterapkan pada pegadaian dengan teori mengenai sistem pengendalian intern. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, kuesioner, observasi dan penelitian langsung ke objek.

              Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap pengendalian intern pemberian kredit pada PT. Pegadaian Cabang Martadinata Samarinda, dengan menggunakan kuesioner pengendalian intern yang mengacu pada kerangka kerja COSO pada unsur-unsur pengendalian intern. Hasil pengujian menunjukan bahwa dari unsur-unsur pengendalian intern menurut kerangka kerja COSO, unsur lingkungan pengendalian, penentuan resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan sangat efektif, ditemukan bahwa bagian fungsi-fungsi pemisahan tugas  kasir, penaksir, penyimpan, administrasi suda sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang telah diberikan. Adanya berangkas tempat penyimpan uang tunai dan barang gadai sebagai perlindungan terhadap barang jaminan dan harta perusahaan, Adanya audit internal dan audit dadakan terutama dibagian keuangan, formulir-formulir kredit serta bukti kas masuk maupun bukti kas keluar memiliki nomor urut cetak, pada pegadaian memiliki bagian kuhusus analisis kredit. Selain itu prosedur pemberian kredit gadai hingga pencairan kredit sangat efektif karena sesuai dengan prosedur yang ada pada teori. Pada kuesioner untuk jawaban ‘Ya’ mendapatkan jumlah nilai 95%, sedangkan nilai 5% untuk jawaban ‘Tidak’. Berarti PT. Pegadaian cabang Martadinata Samarinda ‘Sangat Efektif’. Hal tersebut diakibatkan karena adanya ketegasan dan pemisahan tugas, serta adanya pengawasan yang dilakukan agar aktivitas pada pegadaian sesuai dengan kebijakan standar operasional perusahaan.

 Dengan demikian hipotesis yang mengatakan penerapan sistem pengendalian intern pemberian kredit pada PT. Pegadaian Cabang Martadinata di Samarinda Kurang Efektif di tolak.

Keywords


Pengendalian inten, kredit, pembiayaan.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2008 Pedoman Operasional Kantor Cabang PT. Pegadaian (Persero), Jakarta.

, Undang-Undang Hukum Perdata (Civil Code) Buku Kedua, Tentang Benda, BAB XX, Pasal 1150.

Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting Edisi 8,BPFE, Yogyakarta.

Kasmir, 2011, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rajagrafindo Perseda, Jakarta.

Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga,Salemba empat, Jakarta.

Rivai, Veithzal, dkk, 2007, Bank and Financial Institution Management Conventional & Sharia System, Penerbit PT. Rajagrafindo Perseda, Jakarta.

Winarno, Wing Wahyu, 2006, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 2, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.