PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA PT. KARINA MUARA BADAK

Agus Salim -

Abstract


Rumusan masalah yang di kemukakan pada penelitian ini yaitu : Apakah ada pengaruh motivasi kerja (X1), kepemimpinan (X2), dan budaya organisasi (X3) terhadap produktivitas karyawan (Y). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seluruh fungsi berdasarkan pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap produktivitas karyawan.Penelitian ini dilakukan pada PT. KARINA Project Maintenance Services No. 7615-1.

Sumber data meliputi data primer dan data sekunder, dengan menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, populasi 134 karyawan, dan sampel 100 (bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut), teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengukuran instrumen menggunakan skala Likert.

Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia dengan alat analisa dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda serta uji asumsi klasik. Hipotesis pada penelitian ini mengemukakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari motivasi kerja (X1), kepemimpinan (X2), dan budaya organisasi (X3) terhadap produktivitas karyawan (Y).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kepemimpinan dengan terhadap produktivitas kerja karyawan, 3) dan terdapat pengaruh  yang positif dan signifikan dari budaya organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan. Pengaruh tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi kerja, kepemimpinan, dan budaya organisasi maka semakin tinggi pula produktivitas karyawan.

Keywords


Motivasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Produktivitas Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Ajala, Emmanuel Majekodunmi. 2012. The Influence of Workplace Environment on Workers’ Welfare, Perform ance and Productivity. The African Symposium, 12 (1).

Alfred R. Lateiner, dan JE. Lavine. 1983. Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja.

Aksara Baru: Jakarta.

Arikunto, S. 2005. Manajeman Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Brahmasari,I.A., Suprayetno,A. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus: PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 10 Nomor 2. Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus: Surabaya.

Edgar H. Schein. 1991. Organizational Culture and Leadership. Oxford Jossey Bass

Publisher: San Fransisco.

Hamalik, Oemar. 1995. Dasar motivasi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hasibuan, H. Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan. Masalah, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.

Maslow, H.A. 1988, Motivasi dan Kepribadian. Pustaka Binaman Persindo: Jakarta.

McGregor, Douglas. 1957. The Human Side of Enterprise. Inc: New York.

Prabu, Anwar. 2006. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Rosdakarya: Bandung.

Prihayanto, Susandi. & Ratnawati, Intan. 2011. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal skripsi Susandi Prihayanto.

Siagian Sondang P. 1995. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cetakan Pertama. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta: Bandung.

Suharyadi, Purwanto S.K. 2004. Statistka untuk Ekonomi & Keuangan Modern. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 1995. Pengantar Bisnis Modern. Penerbit BPFE : Yogyakarta.

Veithzal Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Cetakan Pertama. PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Westerman, John dan Donoghue, Pauline .1992. Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.