PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015)

Endang Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal secara persial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015. Selain itu untuk, menguji kelayakan model regresi pengaruh variabel Profitabilitas dan Ukuraan Perusahaan terhadap Struktur Modal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015.

Populasi dalam penelitian ini sejumlah 145 perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 79 perusahaan. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal. Variabel lain dalam penelitian ini yaitu Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal. Secara simultan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal. Kemampuan prediksi dari kedua variabel terhadap Struktur Modal sebesar 36,2% sebagaimana ditunjukan oleh besarnya R-Square sebesar 0,362 sedankan sisanya 63,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diamsukkan ke dalam model penelitian.

 


Keywords


Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2010. Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : BPFE

Ghozali, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponogoro : Semarang

Irham Fahmi. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan, Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta

----------, 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta

J.A.,Niresh, dan T.Velnampy. 2014. Firm Size and Profitability: A Study of Listed Manufacturing firms in Sri Lanka. University of Jaffina: Sri Lanka

Sutrisno. 2008. Manajemen Keuangan Teori, Konsep & aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Keenam. Yogyakarta : Ekonisia

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta : CV.ANDI OFFSET

Thomas, Sumarsan. 2011. Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta : PT.Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.