PENGARUH PEMILIHAN LOKASI USAHA TERHADAP KESUKSESAN USAHA JASA MIKRO DI JALAN JUANDA SAMARINDA

Dwi Indra Lesmana

Abstract


Penelitian mengenai pemilihan lokasi lebih sering dilakukan untuk pemilihan lokasi pabrik, gudang, dan bisnis ritel. Namun pemilihan lokasi usaha tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar, usaha jasa berskala mikro pun juga perlu memilih lokasi usaha yang strategis, hal ini terjadi karena pemilihan lokasi yang tepat seringkali menentukan kesuksesan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor pemilihan lokasi (kedekatan dengan infrastruktur, lingkungan bisnis, dan biaya lokasi) terhadap kesuksesan usaha jasa mikro di Jl. Juanda Samarinda.

Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung dari lapangan, yakni melalui observasi langsung, wawancara, dan memberikan kuesioner kepada pemilik usaha jasa mikro di Jl. Juanda Samarinda. Penarikan sampel menggunakan metode sensus dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda.

Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Apakah faktor kedekatan dengan infrastruktur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha?, 2. Apakah faktor lingkungan bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha?, 3. Apakah faktor biaya lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha?.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedekatan dengan infrastruktur, lingkungan bisnis, dan biaya lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha baik secara parsial, maupun secara simultan. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R² sebesar 61,1%. Dari ketiga variabel bebas, biaya lokasi merupakan variabel dengan pengaruh yang paling besar dibandingkan dengan variabel bebas yang lain.


 


Keywords


Pemilihan Lokasi Usaha, Usaha Jasa Mikro

Full Text:

PDF

References


Ahyari, Agus. 2004. Manajemen Produksi. Yogyakarta : BPFE

Gani, Irwan, dan Siti Amalia. 2015. ALAT ANALISIS DATA : Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, Hani. 2011. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta : BPFE.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi kedua). Jakarta : Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. (2009). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Priyatno, Duwi. 2009. Mandiri Belajar Dengan SPSS. Jakarta Selatan : Penerbit Buku Kita.

Saifuddin, Azwar. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara

Sugiyono dan Agus Susanto, 2015. Cara mudah belajar SPSS dan LISREL : Teori dan aplikasi untuk analisis data penelitian. Bandung : ALFABETA.

Tampubolon, Manahan .P, 2004. Manajemen Operasional, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy 2002. Stategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

____________. 2007. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.