EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM AN-NISA DI SAMARINDA

Jubaidah Jubaidah jubaidah

Abstract


Koperasi Simpan Pinjam AN-NISA berusaha dibidang pinjam – meminjam dana. Dengan kata lain, mengelola dana sebaik – baiknya merupakan fokus utama kegiatan Koperasi Simpan Pinjam AN-NISA, karena untuk menilai efektivitas pengelolaan dananya Koperasi Simpan Pinjam AN-NISA tidak mungkin menggunakan satu ukuran keuangan yaitu Profitabilitas saja, melainkan juga harus melibatkan penilaian berbagai aspek.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan dana Koperasi Simpan Pinjam AN-NISA tahun 2016 berdasarkan pada Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 20/Per/M. KUKM/XI/2008 yang menyangkut atas aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek likuiditas, aspek kemandirian dan pertumbuhan.

Subjek penelitian ini adalah Koperasi Simpan Pinjam AN-NISA di mana yang menjadi objek evaluasi adalah pengelolaan dana KSP AN-NISA. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan wawancara.

Dari hasil penelitian, tingkat kesehatan koperasi adalah termasuk pada kategori “Cukup Efektif” dengan total skor 76,53 dari keseluruhan skor 100. Bila dinilai dari pedoman penilaian efektivitas pengelolaan dana memiliki skor 76,53 yang berada pada jumlah skor tertimbang 60-80 dengan predikat cukup efektif.


Keywords


Efektivitas, Koperasi Simpan Pinjam

Full Text:

PDF

References


Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Anonim, 1992. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian

, 1996. Keputusan Menteri Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah RI Nomor 227 Tahun 1996 Tentang Peilaian Kesehatan Koperasi.

, 1998. Keputusan Menteri Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah RI Nomor 351 Tahun 1998 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan PinjamOleh Koperasi.

, 2008. Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 20/Per/M.KUKM/XI/2008. Tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi.

, Situs Ekonomi Kerakyatan, “Yang Perlu Anda Ketahui tentang Koperasi dan UKM”, www.ekonomi.kerakyatan.go.id

Baridwan, Zaki. 2010. Intermediate Accounting. Edisi Ketujuh. Yogyakarta BPFE. Universitas Gajah Mada.

Horne, James C. Van dan John M Wachowicz Jr. 2012. Prinsip – Prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 13) Jakarta: Salemba Empat.

Larson, Kernit D, Jhon J. Wild and Barbara Chiappetta (2007). Fundamental Accounting Principles, 17 Edition, McGraw-Hill – Irwin, International Edition.

Riyanto, Bambang 2010. Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat, Cetakan Kesepuluh, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Suyatno, Thomas, dkk (2007). Dasar – Dasar Perkreditan, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Al Haryono 2011. Dasar – Dasar Akutansi, Jilid 2 Cetakan Pertama Desember 2011, Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.