EVALUASI SISTEM PENGGAJIAN PADA CREDIT UNION DAYA LESTARI DI SAMARINDA

Barnabas Simin -

Abstract


BERNABAS SIMIN: Evaluasi Sistem Penggajian Pada Credit Union Daya Lestari Di Samarinda, dibawah bimbingan Ibu Elfreda Aplonia lau sebagai pembimbing I dan Bapak Taghfirul Azhima Yoga Siswa sebagai pembimbing II.

Perkembangan perekonomian nasional yang dihadapi dunia usaha termasuk koperasi saat ini sangat cepat dan dinamis. Salah satu bentuk lembaga keuangan dari ekonomi kerakyatan adalah koperasi. koprasi sebagai badan usaha senantiasa didorong dan diarahkan untuk ikut serta berperan secara nyata dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan anggotannya agar mampu mengatasi ketidak seimbangan ekonomi dan kesenjangan sosial, sehingga nantinya mampu berperan sebagai wadah kegiatan ekonomi masyarakat. Koperasi Credit Union Daya Lestari bergerak dalam usaha simpan pinjam. Berdasarkan hasil pra pengamatan, sistem penggajian di Koperasi Credit Union Daya Lestari mengalami keterlambatan penggajian, karena menunggu pencapaian target.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dengan mengangkat masalah penelitian sebagai berikut: Apakah sistem penggajian pada Koperasi Credit Union Daya Lestari tahun 2017 telah dilakukan sesuai dengan sistem dan prosedur penggajian menurut teori akuntansi.

Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah akuntansi manajemen yang mengulas tentang sistem penggajian, hipotesis penelitian ini adalah Sistem Penggajian pada Koperasi Credit Union Daya Lestari tahun 2017 Belum Sesuai dengan sistem dan prosedur penggajian menurut teori akuntansi.

Alat analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis komparatif, Selain dianalisis secara komparatif, dilakukan pula perhitungan presentase jawaban responden dengan menggunakan rumus Dean J. Champion.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem penggajian pada koperasi Credit Union Daya Lestari sudah sesuai dengan sistem penggajian menurut teori akuntansi dan rumus Dean J. Champion sehingga hipotesis penelitian ini di tolak.


Keywords


Sistem Penggajian

Full Text:

PDF

References


Charles T, Horngren dan Walter T, Harrison Jr. 2007. Akuntansi. Edisi 7. Erlangga, Jakarta.

L.M. Samryn, S.E., Ak., M.M. (2012) Akuntansi Manajemen, informasi biaya untuk mengendalikan aktivitas operasional dan investasi. Edisi revisi, Kencana, Jakarta.

Nila Kencana Sari. 2017. Analisis Sistem Informasi Akuntansi pemberian kredit (studi kasus pada PT. BPR Semoga Jaya Artha Samarinda).Rumus Dean J. Champion. Skripsi.

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Edisi Ke-3. Salemba Empat, Jakarta.

V. Wiratna Sujarweni 2015. Sistem Akuntansi. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.