PENGARUH INFLASI DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP HARGA SAHAM SAYRIAH DISEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2014-2017

- - Nurvendi

Abstract


Nurvendi : Pengaruh Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Harga Saham Syariah di Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017 dibawah bimbingan Ibu Titin Ruliana sebagai Pembimbing I dan Ibu Rina Masithoh Haryadi sebagai Pembimbing II.

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Harga Saham Syariah disektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017, karena Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah memberikan dapak terhadap pergerakan harga saham.

            Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Jumlah sampel tersebut adalah sebanyak 18 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Data yang diperoleh merupakan data skunder. Pengujian Asumsi Klasik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Uji Normalitas, Uji Lineritas, Uji Multikolineritas, Uji Heteroskedasitas dan Uji autokorelasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis Regresi linier Berganda.

            Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa Inflasi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap harga saham Syariah disektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahu 2014-2017. Nilai Tukar Rupiah berpengaruh tidak signifikan terhadap terhadap Harga Saham Syariah disektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Hal ini disebabkan karena para investor disektor saham syariah             tidak melihat faktor

Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa kedua hipotesis yang diajukan tidak terbukti atau kedua hipotesis ditolak. Hal ini berarti bahwa apabila Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah mengalami kenaikan maka harga saham syariah akan mengalami penurunan


Keywords


Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Harga saham Syariah

Full Text:

PDF

References


Kusuma, F. P. 2015. Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga BI Rate Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Harga Saham. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas muhammdiyah Surakarta .

Mardiyati, U. 2013. Analisis Pengaruh Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga, Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham ( Studi Kasus Pada Perusahaan Properti Yang terdaftar Di Bursa efek Indonesia ). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.

Samsul, M. 2010. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Sholihah, M. 2014. Analisis Pengaruh Suku Bunga, Inflasi dan Nilai tukar Terhadap harga Saham Pada Perusahaan Jasa Perhotelan dan Pariwisata yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ulfa, M. 2015. Pengaruh Fluktuasi Nilai Tukar Mata uang rupiah-Dolar Terhadap profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2010-2014. Universitas jember.

Witriana, P. 2013. Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Perubahan Harga Saham Perbankan yang tergabung dalam Index LQ45 ketika krisis Global tahun 2008. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.