PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITAS SEBAGAI ENDORSER TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND PERSONALITYPRODUK RAKET YONEX PADA PEMAIN BADMINTON DINAS PERIKANAN DAN PERTENAKAN KOTA SAMARINDA

samsul Bahri

Abstract


Samsul Bahri. Pengaruh Penggunaan Selebritas Sebagai Endorser Terhadap Pembentukan Brand Personality Produk Raket Yonex Pada Pemain Badminton Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Samarinda. Dibimbing oleh Bapak Robin Jonathan sebagai pembimbing pertama dan Ibu Ida  Rahmawati sebagai pembimbing kedua.

Kota Samarinda khususnya di Dinas Perikanan dan Peternakan komunitas badminton memang banyak menggunakan merek raket yang berbeda-beda. Tetapi pada umumnya menggunakan merk Yonex. Hal ini salah satunya dikarenakan keberadaan Lee Chong Wei dalam mendukung merek raket Yonex membuat komunitas bulutangkis ini semakin yakin akan kualitas yang ditawarkan oleh Yonex. Kemudian pada harga yang ditawarkan Yonex memiliki kelas-kelas tertentu shingga menambah kualifikasi pengguna merek ini.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel endorser yang terdiri dari daya tarik (attractiveness) dan kredibilitas (credibility) terhadap  pembentukan Brand Personality Produk Raket Yonex Pada Pemain Badminton Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Samarinda.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teori Pemasaran, Manajemen pemasaran, Selebirit Pendukung (Endorser) dan Kepribadian Merek (Brand Personality). Intrumen penelitian adalah kuesioner yang diberikan kepada responden. Populasinya adalah seluruh Pemain Badminton Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Samarinda sebanyak 43 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 43 responden. Alat analisis menggunakan model regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis terdiri dari Uji F. Dalam melakukan perhitungan penulis menggunakan alat bantu Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.

Hasil dari penelitian ini yang diajukan menunjukkan bahwa Variabel endorser yang terdiri dari daya tarik (attractiveness) dan kredibilitas (credibility) secara berpengaruh signifikan terhadap  Brand Personality Produk Raket Yonex pada Pemain Badminton Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Samarinda.

Nilai uji Determinasi (R2) dan Korelasi (R) menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang cukup kuat serta eratnya hubungan antara Daya tarik (X1) dan Kredibilitas (X2)  terhadap Brand Personality (Y).

 

Kata Kunci : Daya Tarik, Kredibilitas, Brand Personality


Full Text:

PDF DOC

References


Aaker, Jennifer L. “Dimension of Brand Personality,” Journal of Marketing Research, dalam Schiffman dan Kanuk (2007 : 124).

Assauri, Sofjan. 2006. Manajemen Pemasaran Dasar-Dasar, Konsep dan Strtategi, Edisi Pertama,. Cetakan Tujuh,Penerbit : PT. Raja Grafindo

Belch, George E & Michael A. Belch, 2003. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective, International Edition, McGraw Hill, New York.

Boyd, dkk, 2006, Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Stategis Dengan Orientasi Global, jilid 2, Terjemahan As'ad Yasin, dkk . Erlangga, Jakarta.

Durianto, Darmadi, dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar. PT. Gramedia. Pustaka Utama,

Hidayat, A. Aziz .2007. Metode Penelitian Keperawatan dan teknik Analisa Data ,. Penerbit Salemba medika.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Keegan, W. F. 2002. Global Marketing Management. 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Keller, Kevin L, 2008, Strategic Brand Management, Third Edition, Prentice Hall, United States of America.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasidan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

--------------------, dan Armstrong, Gary. (2008). Principles Of Marketing, International Edition. Jilid 12. Prentice Hall, London.

Lamb, Charles. W. et.al. 2008. (terjemahan Oetarevia) Pemasaran, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Priyatno, Dwi, 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta, Mediakom.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka Jakarta: PTIndeks Kelompok Gramedia

Royan, M. Frans, 2004, Marketing Selebritis, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Schiffman L.G dan L.L Kanuk, 2007, Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Indeks, Jakarta.

Shimp, Terence A, 2003, Periklananan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Ketujuh, Erlangga, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soehadi, Agus W. 2005, Effective Branding Konsep Dan Aplikasi Pengembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Edisi Kesepuluh, Edisi Revisi, Alfabeta, Bandung.

Sutisna, SE, ME., 2004, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Swastha, Basu, 2005, Manajeman penjualan, cetakan ke lima, Yogyakarta: BFSE.

Tjiptono, Fandy, 2004, Marketing Scales, Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.

Umar, husein, 2001, Metode Penelitian, Rajawalipress, Jakarta.

Widarjono, 2007, Ekonometrika Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis, Ekonosia, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.