ANALISA TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR

Tedi - Gunawan

Abstract


Adanya bank yang dilikuidasi atau dalam kondisi bank yang tidak diperbolehkan beroperasi oleh pemerintah dikarenakan kondisi dan keadaan bank menurut penilaian BI telah membahayakan bagi kepentingan masyarakat dan perekonomian nasional khususnya pada sektor perbankan nasional. Bank yang telah tidak beroperasi atau bahkan dicabut izin usahanya adalah bank yang dinyatakan tidak sehat, sedangkan PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Timur Kantor Pusat Samarinda perlu menerapkan prinsip kehati-hatian oleh pengelola dan pemecahan masalah segera mungkin sehingga tidak menghambat pada kegiatan lainnya. Perlunya melakukan kajian atas tingkat kesehatan bank yang dilakukan setiap saat agar kekurangan yang didapat segera diatasi serta menentukan arah untuk kemajuan bank. Untuk menilai kesehatab Bank maka penelitian ini menggunakan Analisa CAMEL yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian yang diajukan.

Hasil dari penelitian ini pada hipotesis pertama diketahui Perkembangan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Tbk di Samarinda tahun 2010-2012 ditinjau dari rasio Capital Adquecy Sehat dengan nilai CAR >8%. Kemudian hasil dari penelitian ini pada hipotesis kedua diketahui Perkembangan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Tbk di Samarinda tahun 2010-2012 ditinjau dari rasio Asset Quality Sehat dengan nilai KAP antara 0-10,35%. Kemudian hasil dari penelitian ini pada hipotesis ketiga diketahui Perkembangan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Tbk di Samarinda tahun 2010-2012 ditinjau dari rasio Management Sehat dengan nilai NPM antara 33 – 40.

Hasil dari penelitian ini pada hipotesis keempat diketahui Perkembangan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Tbk di Samarinda tahun 2010-2012 ditinjau dari rasio Earning’s Sehat dan nilai ROA > 1,215%.dan nilai BOPO < 93,52%. Kemudian hasil dari penelitian ini pada hipotesis kelima diketahui Perkembangan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Tbk di Samarinda tahun 2010-2012 ditinjau dari rasio Liquidity Sehat dengan nilai LDR < 94,75%

Full Text:

PDF

References


Brigham and Houston. 2007. Fundamentals of Financial Management. Concise 4, Horcourt College, United State of America.

Hanafi, Mamduh M. 2006. Manajemen Keuangan. Yogyakarta. BPFE.

Husnan, Suad.. 2005. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Jumingan, 2006, Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Lukman Dendawijaya, 2000, Manajemen Perbankan, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

Lukman, Syamsudin. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan (Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan). PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Munawir, S. 2010. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta.

Sartono Agus. 2006. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEF-YOGYAKARTA.

Soemarso, S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat. Jakarta.

Sofyan, Syafri. 2004. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo.

Weston, J. Fred, dan Thomas E. Copeland. 2005. Manajemen Keuangan, Terjemahan oleh Yohanes Lamarto dan Mariana Adinata, Jilid

L, Edisi Kedelapan, Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.