ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT. KEDAWUNG SUBUR SAMARINDA

Jonius Alan, Eddy Soegiarto (1) Andi Indrawati (2)

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisa penerapan  sistem penggajian karyawan di  PT. Kedawung Subur di Samarinda dengan prinsip pengedalian internal. Penelitian ini membandingkan Jawaban “ya” dan “tidak” dari quisioner yaitu dengan wawancara langsung dengan 12 karyawan, meliputi fungsi yang terkait dalam penggajian, jaringan prosedur yang membentuk penggajian, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi dan unsur pengendalian intern.

Hasil analisis yang telah dilakukan, fungsi yang terkait dalam penggajian memiliki persentase 85% yaitu masuk dalam kategori sangat sesuai, jaringan prosedur memiliki persentase 93,3% yaitu masuk dalam kategori sangat sesuai, dokumen yang digunakan memiliki persentase 78% yaitu masuk dalam kategori sangat sesuai, catatan akuntansi memiliki persentase 62,5% yaitu masuk dalam kategori cukup sesuai, dan unsur pengendalian internal yang mencakup 4 aspek yaitu struktur organisasi memiliki persentase 61% cukup sesuai, sistem otorisasi dan pencatatan memiliki persentase 65% cukup sesuai, praktek yang sehat 67% cukup sesuai dan yang terakhir karyawan yang kompeten memiliki persentase 42%. Dari total keseluruhan jumlah jawaban ya quisioner yang di dapat sebesar 73% yaitu masuk dalam kategori sangat sesuai.

Berdasarkan dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem penggajiian karyawan sudah sesuai dengan prinsip pengendalian internal di PT. Kedawung Subur Samarinda


Keywords


Penggajian Sistem Pengendalian Internal Sistem Informasi Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Azhar Susanto 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung :Lingga Jaya.

Farahwati, Aria. 2009. Fees Accounting. Jakarta :Erlangga.

Koeswara, E. 2011, Teori-teori Kepribadian Edisi ketiga. Bandung : PT Eresco

Mulyadi, 2013. Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga, Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.