PENGARUH RANGSANGAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI RUMAH DI PERUMAHAN VILLA TAMARA

Muhammad Shaddam Hussein

Abstract


Keputusan membeli rumah di Perumahan Villa Tamara dari konsumennya di kota Samaranida dipengaruhi oleh rangsangan pemasaran dari pihak pemasar dari PT. Diyatama Persada Raya, yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi.

Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda yang datanya bersumber dari tanggapan responden dengan 5 skala ordinal.

Dari Model Summary diatas, ditemukan koefisiensi determinasi atau R2 sebesar 0,662 atau 66,2%  yang menunjukkan kemampuan variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 66,2%, sedangkan sisanya 33,8% dijelaskan oleh variabel lain selain variabel dalam model.

Dapat dilihat nilai R dari tabel Model Summary  sebesar 0,813 atau sebesar 81,3%. Hal ini menjelaskan bahwa model yang digunakan sangat layak dan sampel dapat mewakili seluruh populasi.

Dari tabel ANOVA, ditemukan nilai signifikan F-hitung sebesar 0,000. Sementara batas pengukuran dari nilai α yaitu tingkat kesalahan yang ditolerir sebesar 5% atau 0,05%. Jika nilai signifikan F-hitung sebesar 0,000, maka  lebih kecil dari nilai α dan ditemukan nilai F hitung sebesar 35,683 sedangkan F tabel sebesar 2,51 maka nilai F hitung jauh lebih besar dari F tabel yang menunjukkan bahwa model yang digunakan dapat memprediksi keberadaan variabel-variabel adapun besaran pengaruh marketing mix, product, price, place dan promotion terhadap keputusan konsumen membeli  adalah signifikan.

Pengaruh tersebut telah menghasilkan koefisiensi determinasi R Square (R2)  sebesar 0,662 atau 66,2%. Angka sebesar 0,662 tersebut dapat diartikan bahwa keempat variabel bebas tersebut mempengaruhi keputusan membeli terjelaskan sebesar 66,2%.


Full Text:

DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.