PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA LINGKUNGAN DINAS KEHUTANAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Rafita Rachmah -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai pada Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur. Faktor – faktor tersebut yaitu Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja. Pegawai yang memiliki Kinerja yang tinggi akan memberikan dampak positif bagi organisasi, sehingga tujuan organisasi tercapai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 101 Pegawai Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur.

Dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa variabel Gaya Kepemimpina (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Variabel Kepuasan Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, dan Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Gaya Kepemimpinan (X1) dan Variabel Kepuasan Kerja (X2) terhadap kinerja Pegawai.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepuasan kerja, dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Anonym, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah

Arrizal, 2001.“Pemimpin Gaya Kepemimpinan Transaksional Mencapai Sukses Melalui Manajemen SumberDaya Manusia”.Jurnal Kajian Bisnis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha. No. 22 Januari-April.

Dessler, Garry, 2004.Manajemen SumberDayaManusia, Jilid 1.Terjemahan Benyamin Molan,Prenhallindo, Jakarta.

Dharma, Agus.2001. Manajemen Prestasi Kerja. Cetakan Ketiga. Rajawali. Jakarta

Handoko, T.H. (1992), Manajemen Personalia da Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, BPFE

Kaihatu, T.S., Rini, W.Astjarjo (2007), “Kepemimpinan Transformasional dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan atas Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Perilaku Ekstra Peran: Studi pada Guru-Guru SMU di Kota

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu (2000), Manajemen Sumber Day Manusia. Jakarta; RinekaCipta

Mas'ud, Fuad (2002), 40 MitosManajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Moh.As’ad.2001.Kepemimpinan yang Efektif Dalam Perusahaan. Liberty. Yogyakarta

Nafisah, Durrotun (2005), “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan”, Skripsi Managemen, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro 2005.

Toha, Miftha. 2007. Kepemimpinan Dalam Manajemen.PT. Raja grafindo Persada, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.