REFORMASI ADMINISTRASI PADA BIDANG PENDIDIKAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Musdalifa Marsuq

Abstract


Penelitian ini bertujuan ini untuk (1) mengetahui proses reformasi administrasi pada bidang pendidikan di Kabupaten Kutai Timur. (2) mengetahui pencapaian tujuan reformasi administrasi pada bidang pendidikan di Kabupaten Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu motode kualitatif dengan melakukan pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penekanan terhadap program lebih diprioritaskan perbaikan sumberdaya manusia terutama guru-guru dengan penerapan kurikulum K-13 secara menyeluruh dan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia melalui penyekolaan guru-guru yang belum memenuhi kualifikasi S1. Kemudian berarnya perhatian dan partisipasi komite dalam memantau manajemen sekolah. Selanjutnya adanya perbaikan dalam hal sarana prasarana pendidikan, adanya gaya kepemimpinan yang senantiasa memantau atau memonitoring secara terus-menerus program pendidikan, serta adannya aturan formal masih diterapkan dengan tepat seperti calon kepala sekolah yang harus memenuhi kriteria dan melalui tes sebelum mengikuti diklat kepala sekolah selain itu birokrasi menandakan kuatnya pendekatan legalistik dengan adanya petunjuk teknis dan pelaksanaan dari pemerintah pusat.(2) Bergesernya mindset pegawai yang didasarkan pada pelayanan yang berikan kepada masyarakat merupakan temuan pada aspek penyempurnaan tatanan, kemudian pada aspek peyempurnaan metode ditemukan uraian kegiatan beserta rincian tugas masing-masing, dimana terdapat satuan hasil kerja dengan pembagian yang berbeda yaitu dokumen, kegiatan, dan laporan. Kemudian adanya dorongan penguasaan aplikasi online untuk membantu proses administrasi selain itu adanya fungsi monitoring yang dilakukan pimpinan merupakan serangkaian temuan dalam penelitian ini.

 


Keywords


Reformasi Administrasi, Pendidikan

Full Text:

doc

References


Abidin Said Zainal, 2006, Dinamika Reformasi dan Revitalisasi di Indonesia. Jakarta: Suara Bebas.

Caiden G. E. 1991. Administrative Reform Comes Age, New York, N.Y. de Gruyter.

Hendrayady,Agus. 2011. Reformasi Administrasi Publik. Jurnal Fisip Umrah Vol. I, No. 1, : 107-113

Ibrahim, Amin. 2009. Pokok-Pokok Administrasi Publik & Implementasinya. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. 2013. Model Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013.

Khan, Mohammad Mohabbat. 2001. Problem of Democracy: Administrative Reform and Corruption. The paper was presented at the Norwegian Association for Development Research Annual Conference on The State.

Lee, Hahn Been & Samonte, Abelardo G, ed. (1970). Administrative Reform In Asia, Manila: The EROPA.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muryati, Irene. 2016. Pengelolaan Dana Bos Pada Sd Negeri Di Upt Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 4, No 2.

Nasucha, Chaizi. 2004. Reformasi Administrasi Publik. Jakarta: PT. Grasindo

Puspitasari, Dian. dkk.2014. Reformasi Administrasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu (Studi Pada Disperindag Dan Dispendukcapil Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (Jap), Vol. 2, No. 2, Hal. 338-343

Sedarmayanti. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT. Bandung : Refika Aditama.

Solichin, Mujianto. 2015. Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam Volume 6, Nomor 2.

Supardi, U.S. 2013. Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi. Jurnal Formatif 2Nomor 2: 111-121

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025.

Zauhar, Soesilo.2007. Reformasi Administrasi, Konsep, Dimensi, dan Strategi. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.