PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA UPT. LABORATORIUM KONSTRUKSI DAN UPR. JALAN/ALAT BERAT DINAS PEKERJAAN UMUM

Mugni Baharuddin Didiardiansa

Abstract


Seiring dengan pelaksana anotonomi daerah, di mana karir seorang pejabat dinilai oleh Baperjakat yang notabene adalah kepala Daerah.Sehingga pergantian pejabat punkerap terjadi. Pergantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah diharapkan mampu mensukseskan program kerja pemerintah daerah, dan bila seorang pejabat tidak  mampu melaksanakannya, maka akan segera digantikan oleh orang lain yang dianggap lebih cakap untuk melaksanakannya.  Artinya, komunikasi hanya berlangsung satu arah.Sementara orang yang digantikan akan merasa kecewa dengan keputusan tersebut.  Padahal, apabila ada kekurangan dalam sebuah pekerjaan apabila dikomunikasikan dengan baik, maka penggantian yang dimaksud tidak dibutuhkan.

            Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekuatan pengaruh Komunikasi Terhadap Efektifitas Kerja Pada Kantor UPT. Laboratorium Konstruksi Dan UPR. Jalan Berat Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Timur.

Sampel diambil sebanyak 25 responden.Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian verifikatif  atau yang bersifat kausalitas, yakni penelitian yang mencari hubungan antara variabel sebab dengan variabel akibat. Hubungan yang dimaksud adalah hubungan antara Komunikasi (Independent variable) dengan Efektifitas Kerja  (Dependent variable).  Alat analisis yang digunakan adalah rumus koefisien Rank Spearman (ρ)

Berdasarkan analisis terhadap data yang terkumpul maka  dapat ditari kkesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil analisis menunjukkan bahwa Komunikasi berasosiasi dengan Efektifitas Kerja.  Hal inimenunjukkan bahwa semakin efektif komunikasi yang terjadi maka efektifita kerja akan meningkat, sebaliknya bila komunikasi tidak efektif maka pekerjaan yang dilakukakan pun menjadi semakin tidak efektif. 2) Komunikasi yang terjadi di lingkungan pada Kantor UPT. Laboratorium Konstruksi Dan UPR Jalan Berat Dinas Pekerjaan Umum  Kabupaten Kutai Timur sudah cukup efektif, karena bagaimana pun juga peran pimpinan di sini tidak dapat dikesampingkan, karena pimpinanlah yang menciptakan kondisi lingkungan menjadi menyenangkan atau sebaliknya.


Keywords


: Komunikasi, Efektifitas Kerja

Full Text:

doc

References


Ali Saukah dan Mulyadi G. Waseso., 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah; Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Universitas Negeri Malang, Malang.

Dani Vardiansyah., 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi: Pendekatan Taksonomi Konseptual. Ghalia Indonesia, Jakarta:

Deddy Mulyana, 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya, Bandung:

Didi Atmadilaga., 1994. Panduan Skripsi, Tesis, Disertasi. Pioner Jaya, Bandung.

Elvinaro Ardianto., 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations; Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

H.A.W Widjaja., 2000 Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Rineka Cipta, Jakarta.

Hafied Cangara., 2006. Ilmu Komunikasi dalam Lintasan Sejarah dan Filsafat. Karya Anda, Surabaya.

Husain Umar., 2004. Riset Sumberdaya Manusia. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Koentjaraningrat, 1995. Metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta.

Lexy J. Moleong., 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mark L. Knapp dan Anita L. Vangelist., 1992. Interpersonal Communication and Human Relationship. Edisi ke-2. Newton, New York.Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1987. Metode Penelitian Survai, Cetakan 8, LP3ES, Jakarta.

R.Wayne Pace dan Don F. Faules. 2005. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor Deddy Mulyana. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Richard M. Steers, 2001. Efektifitas Organisasi, Rajawali, Jakarta.

Soehardi Sigit., 2003. Perilaku Organisasional. Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Taman, Yogyakarta.

Sondang P. Siagian, 1992. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Rineka Cipta, Jakarta.

Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss., 2001. Prinsip-prinsip Dasar Human Communication. Rosadakarya, Bandung.

Sugiyono., 2007. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bndung.

Sugiyono., 2013. Metode Penelitian Pendidikan; pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung

Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitiann; Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Rineka Cipta, Jakarta.

Sutrisno Hadi, 1987. Metodologi Research, Jilid I, Cetakan I, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

T. Hani Handoko., 2009. Manajemen. BPFE Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Winarno Surachmad, 1982. Pengantar Penelitian Dasar dan Metode Teknik, Tarsito, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.