PENGARUH PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG SAMARINDA

Suhardiman Amalia

Abstract


Amalia, Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Suhardiman,S.Sos,M.Si dan Ibu Jamiah,S.Sos,M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh profesionalisme pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada kantor Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan analisa kuantitatif. Dimana penelitian ini digunakan alat analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan Program SPSS (Statistical Package For Social Science) 23 For Windows. Adapun jumlah populasi sebanyak 35 orang responden.
Profesionalisme pegawai mempunyai pengaruh yang kuat dan bernilai positif terhadap kinerja pegawai pada kantor Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda. Dengan menggunakanan analisis regresi linier sederhana, diperoleh hasil bahwa profesionalisme kerja pegawai mempunyai pengaruh yang kuat dan bernilai positif serta signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Artinya apabila profesionalisme pegawai meningkat maka kualitas pelayanan publik yang dihasilkan juga akan mengalami peningkatan.

Keywords


Profesionalisme Kerja Pegawai, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus. 1995. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik.

Yogyakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Bandung : Alfabeta

Indiahono, Dwiyanto. 2009. Perbandingan Administrasi Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.

Mahmudin. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Makmur. 2009. Teori Manajemen Stratejik dalam Pemerintahan dan Pembangunan. Cetakan pertama. Bandung : Refika Aditama.

Moenir, A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Tangkilisan. 2007. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta. Ridwan, Juniarso. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan

Publik. Bandung : Nuansa.

Sedarmayanti. 2003. Good Governance (kepemerintahan yang Baik) dalam Rangka Otonomi Daerah Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan, Bandung : Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 2000. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjokrowinoto, Moeljarto. 2001. Birokrasi Dalam Polemik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.