PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR BAPPEDA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Jamiah Nova Dwimayana

Abstract


Nova Dwi Mayana, Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Bappeda Kabupaten Kutai Timur,  Tujuan dari penelitian ini adalah  Untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya  aparatur terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik pada Kantor Bappeda Kabupaten Kutai Timur

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan indikator Pengembangan Sumber Daya Aparatur (X), yang terdiri dari; a. Pendidikan dan pelatihan, b. Penempatan kerja, c. Pembinaan karier, d. Peningkatan jenjang pendidikan formal, e. Penegakan disiplin pegawai,      f. Mutasi dan promosi. Indikator Kualitas Pelayanan Publik (Y), yaitu; a. Waktu pelayanan, b. Sikap dan perilaku  c. Tanggung jawab dalam pelayanan, d. Prosedur Pelayanan, e. Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan, f. Kemudahan dalam memperoleh pelayanan. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana.

                     Data hasil uji regresi linaer sedarhana diketahui bahwa nilai R hitung sebesar 0,934 (nilainya positif). Sedangkan nilai R tabel terhadap sampel sebesar 28 responden diperoleh nilai R tabel sebesar 0,381 Berarti R hitung lebih besar dari R tabel, ini menjelaskan bahwa AdaPengaruh Positif.

                     Untuk mengetahui apakah pengaruh positif tersebut juga terjadi pengaruh yang signifikan yaitu dengan melihat kolom signifikansi. Dikatakan signifikansi apabila nilai signifikan di bawah atau sama dengan 0,05, ternyata nilai kolom signifikansi sebesar 0.000 berarti ada pengaruh yang signifikan.

                        Berdasarkan hasil uji di atas menjelaskan kalau Hipotesis diterima bahwa ada pengaruh pengembangan Sumber Daya Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Bappeda Kabupaten Kutai Timur,          Untuk mengetahui persentase pengaruh variabel X Pengembangan Sumber Daya Aparatur  variabel Y Kualitas Pelayanan Publik dapat dilihat pada nilai R Square (koefisien diterminasi) sebesar 0,873 artinya variabel PengembanganSumber Daya Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Bappeda Kabupaten Kutai Timur sebesar 87,3 persen, berarti hanya ada 12,7 persen peran variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Sumber Daya, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Anonim. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Pemerintah Daerah sebagai Pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2000. Jakarta.

______ Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Jakarta.

______ Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.

______ Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Sistem Pembinaan Kepegawaian, Jakarta.

Abdullah, Amid. 2006. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Aparatur Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. Samarinda (tidak diterbitkan).

Busono, Edi. 2002. Pembinaan Sumber Daya Aparatur Dalam Usaha Menciptakan Pelayanan Jasa Keselamatan Pelayanan pada Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) di Samarinda. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. Samarinda (Tidak diterbitkan).

Gie, The Liang, 2000, Administrasi Perkantoran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Gomes, Faustino Cardoso. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gunung Agung. Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gunung Agung, Jakarta.

Hussei, Waloyo, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Gravika, Jakarta.

Kusnadi, Marwan dan Sumeidi Kadarisman. 2001. Pengantar Bisnis dan Wirausaha. Universitas Brawijaya, Malang.

Kusno. 2001. Pengembangan Sumber Daya Aparatur (Suatu Studi di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung). Tesis (Tidak diterbitkan).

Matthew, B. Milles dan Michael B. Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Universitas Indonesia. Jakarta.

Miftah Thoha, 1991, 2001, Dimensi-dimensi Prima Ilmu AdministrasiNegara, PT. Raja Grafindo Persada.

Moenir, A.S. 2000. Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta, Jakarta.

Moleong, Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Moekijat, 1997, Manajemen Kepegawaian, Penerbit Alumni Bandung.

Nasution, M. Thomas. 1992. Buku Penuntun Pembuat Thesis, Skripsi, Disertasi, Makalah, Bumi Aksara, Jakarta.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.

Osborne, David dan Ted Gaebler. 1993. Reinventing Government : How Entrepreneurial Spirit is Transforming The Public Sector. Reading. Addison-Wesley Publishing Co.Inc. Massachusetts.

Poerwono, Hadi. 1992. Tata Personalia, Dimbata, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.