ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. KRESNA REKSA FINANCE SAMARINDA

Risky Yunita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor gaji dan jaminan sosial, fasilitas kerja, lingkungan dan iklim kerja dan serta manajemen secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, serta untuk mengatahui dan menggambarkan faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap produktivitas karyawan PT. Kresna Reksa Finance Samarinda.
Berdasarkanhasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaji dan jaminan sosial, fasilitas kerja, lingkungan dan manajemen secara bersama-sama atau simultan berpengaruh siginifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Kresna Reksa Finance Samarinda, hipotesis diterima atau terbukti kebenarannya, dibuktikan dengan perhitungan statistik menggunakan taraf signifikan 0,05 (5%) nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (F hitung = 9,120 > F tabel = 3,1650) atau dapat pula dilihat dari uji F dari nilai P = 0,001.
Variabel gaji dan jaminan sosial, fasilitas kerja, lingkungan kerja dan manajemen dapat dilihat dari besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,617 atau 61,7 persen. Ini berarti variabel produktivitas kerja karyawan pada PT. Kresna Reksa Finance sebesar 61,7 persen ditentukan oleh variabel gaji dan jaminan sosial, fasilitas kerja, lingkungan kerja dan manajemen yang dimasukkan dalam model penelitian ini, selebihnya yaitu 38,3 persen ditentukan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan (tidak diukur) dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil Standardized Coeficent Beta menunjukkan bahwa Coeficient tertinggi adalah variabel gaji dan jaminan sosial yaitu sebesar 0,390. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel gaji dan jaminan sosial, merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Kresna Reksa Finance Samarinda, berdasarkan hasil tersebut, hipotesis kedua peneliti yang diajukan diterima yaitu variabel gaji dan jaminan sosial berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Kresna Reksa Finance Samarinda.

Keywords


productivitas

Full Text:

PDF

References


Handoko, T Hani, 1999, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPPE, Yogyakarta.

Koontz, Harold, O’Donnel, dan Weinhrich, 1995, Management, Terjemahan gunawan Hutauruk, Erlanngga, Jakarta.

Muchdarsyah Sinungan, 2000. Produktivitas; Apa dan Bagaimana, Bina Aksara, Edisi Kedua, Cetakan Keempat, Jakarta.

Richard M. Steers, 1985. Efektifitas Organisasi, Rajawali, Jakarta.

Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi ketiga, Penerbit : YKPN, Yogyakarta

Soedarmayanti. 2014. Produktivitas Kerja Pegawai. Mandar Maju: Bandung.

Siagian, Sondang P., 1999, Toeri Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta.

Timpe, D.A. 1999. Produktivitas: Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Elekmedia Komputindo, Jakarta.

Timpe, S.A, 1992. Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis – Kerja (Performance), PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Pujiwati. 2010. Pengaruh Penerapan Sistem Penilaian Kinerja dan Sistem Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karyawan. Departemen manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.