REFORMASIBIROKRASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJAPELAYANAN DI KELURAHAN SEMPAJASELATAN KECAMATAN SAMARINDA UTARA

Mugni Baharuddin Ade Sunarto Losa

Abstract


Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:(1)Untukmengetahuiupaya-upaya dalammereformasiBirokrasi padaKelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara,(2) pengaruh  reformasi birokrasi kinerja pelayanan  Kelurahan  Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara - Samarinda. Sampelyangdiambilpadapenelitian inisebesar40orang.Sedangkan analisisnya menggunakan statistic regresisederhana.

         Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: Upaya-upayamereformasiBirokrasi padaKelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara(1)Dalammelaksanakan Tugas,Pokok dan FungsinyaWalikotaSamarinda No.25tahun2014 Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utaraberpedoman pada Peraturan WalikotaSamarindaNo.25tahun2014tentangPenjabaranTugasdanFungsiKelurahanKotaSamarinda,(2)Dalam PelayanannyasepertiKTP,KSK, Syarat-syaratpernikahan, danlain-lain,sebelum adanyaReformasiBirokrasiharusmenunggusatuminggubahkan satubulan,tetapisetelahReformasiBirokrasi bias satu haripalinglamasatuminggu,(3) Dalam kedisiplinan pegawai sebelum adanya  Reformasi   Birokrasi   sering  datang terlambat, tetapi setelah  Reformasi Birokrasi datang tepat waktu  sesuai dengan jam datingdan pulang kantor,(4)SemuaprogramyangadapadaKelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara - Kota Samarindadilaksanakan  sesuai  tujuan  dan  sasaran:Hal-haltersebutdiatas merupakan pelaksanaan perubahan posisidan peran (revitalisasi),artinyabahwadengan revitalisasitersebutpegawaiKantorKelurahan Sempaja Selatandapat melaksanakantugaspokokdanfungsinyasecaraprofessionaldengandemikianhasilkerja mereka akan menjadi baik dan  terpercaya,(5) SDM yang dimilikipun cukup baik terbukti 50% lebih  pegawai lulusan  S1 dan  S2,begitu juga dalamKepangkatan  dan golongan 63%terdiridarigolongan III,artinyabahwadalammenjalankan tugaspokok danfungsinyamerekadapatmelakukannyasesuaidenganbekalpengetahuan,pengalaman dankemampuanmereka,dengandemikianakanterciptapegawaiyangberkualitas.

Ada pengaruh  yangsignifikan  antara  reformasi birokrasi terhadap kinerja  pelayanan Kelurahan.Artinyabahwareformasi birokrasi dapatdijadikansebagaidasaruntuk memprediksiterhadapkinerjapelayanan Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara, Kontribusi yang diberikan oleh variabel reformasi birokrasi terhadap kinerja pelayanan  sebesar 33,20%,sedangkan sisanya66,80%merupakan variabel-variabelyang tidak terprediksi dalampenelitianini.

 


Keywords


Reformasi Birokrasi, Kinerja Pelayanan

Full Text:

doc

References


Albrow,Martin,2005,Birokrasi(terj.),Yogyakarta:TiaraWacana,Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi.2000. ManajemenPenelitian.PTRinekaCipta,Jakarta Ashari, EdyTopo, 2010, Reformasi Birokrasi Badan Kepegawaian Negara:

RencanaDanStrategiImplementasi, JurnalKebijakan dan Manajemen

PNSVOL.4,No.1,Juni2010

Beetham,D.1990.Birokrasi.Jakarta:BumiAksara

Benveniste,G.1991.Birokrasi.Jakarta.Rajawali

Bertens,K(2001),Etika.SeriFilsafat Atmajaya, Jakarta:PT.GramediaPustaka

Utama.

Blau,M.P.danMeyer,M.W.2000.BirokrasidalamMasyarakatModern.Jakarta.

PrestasiPustakaraya.

Blau,PeterM,2000,BureaucracyinModern Society(terj),PustakaPelajar, Yogyakarta

Dwiyanto,Agus.dkk.,2001.Reformasi Birokrasi Publikdi Indonesia,Laporan Penelitian, KerjasamaPusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas GadjahMadadan FordFoundation.,Yogyakarta

,2006. ReformasiBirokrasiPublikDiIndonesia,PusatStudi

KependudukandanKebijakan,Yogyakarta:Universitas GadjahMada

,2008.ReformasiBirokrasiPublikdiIndonesia.Cet.III, GadjahMadaUniversityPress,Yogyakarta,

ErwanAgus Purwanto,2009. ReformasiBirokrasi,KepemimpinandanPelayanan Publik:Kajian tentang pelaksanaan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.GavaMedia,JIAN-UGM,MAP-UGM,Yogyakarta

Hadi,Sutrisno.2001.MetodologiResearch.FakultasPsikologiUniversitasGajah

Mada,Yogyakarta.

Hasibuan S.PMalayu. 2005. Manajemen SumberDaya Manusia. PT Bumi

Aksara,Jakarta.

Mahmudi.2005. Manajemen kinerja sektor publik. Yogyakarta: Akademi

ManajemenPerusahaanYKPN.

Mahsun, Mohamad.2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: PenerbitBPFE.

Mangkunegara, AnwarPrabu. 2007. Evaluasi Kinerja. PT.Refika Aditama.

Bandung.

Pasolong,Harbani.2007.TeoriAdministrasiPubl .Alfabeta,Bandung.

Prasojo, Eko, Nugroho, Asad, Hardjapamekas, Nursahid,Fajar, 2006,Mengurai benangKusutBirokrasi, Piramedia,Jakarta.

Prasojo,EkodanKurniawan,2008,ReformasidanGoodGovernance:KasusBest PracticesdarisejumlahDaerah di Indonesia,JurnalAntropologiIndonesia, InternasionalSimposium,Banjarmasin,22-25Juli2008.

Siagian,SondangP.2002.KiatMeningkatkanProduktivitasKerj.PT.Rineka

Cipta.Jakarta.

Siagian, SondangP. 2002. Teori PengembanganOrganisasi. Bumi Aksara.

Jakarta.

Siegel, Sidney. 1988. Statistik Non Paramentrik UntukIlmu-Ilmu Sosial.

PT.Gramnedia,Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak.Dkk.2006.Reformasi PelayananPublik,Teori, KebijakandanImplementasi.BumiAksara,Jakarta.

Singarimbun, Masridan Sofyan Effendi. 2000. Metode PenelitianSurvei.

Yogyakarta:LP3ES.

Sugiyono.2003.MetodePenelitianAdministratif.CV.Alfabeta.Bandung. Suprapto.2002. Standarisasi KompetensiPegawai Negeri Sipil Menuju Era

Global.PusatPenelitiandanPengenbanganBKN.Jakarta.

Thoha,M.2002.BirokrasidanPolitikdiIndonesia.RajawaliPers,Jakarta.

,2004,BirokrasiPolitikdiIndonesia, PT.RajaGrafindoPersada, Jakarta.

Tjokrowinoto,dkk,2001.BirokrasidalamPolemik, PustakaPelajar,Unismuh, Malang

, 2004,BirokrasiDalamPolemik, Pusataka Pelajar,Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.