REFORMASIBIROKRASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJAPELAYANAN DI KELURAHAN SEMPAJASELATAN KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:(1)Untukmengetahuiupaya-upaya dalammereformasiBirokrasi padaKelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara,(2) pengaruh reformasi birokrasi kinerja pelayanan Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara - Samarinda. Sampelyangdiambilpadapenelitian inisebesar40orang.Sedangkan analisisnya menggunakan statistic regresisederhana.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: Upaya-upayamereformasiBirokrasi padaKelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara(1)Dalammelaksanakan Tugas,Pokok dan FungsinyaWalikotaSamarinda No.25tahun2014 Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utaraberpedoman pada Peraturan WalikotaSamarindaNo.25tahun2014tentangPenjabaranTugasdanFungsiKelurahanKotaSamarinda,(2)Dalam PelayanannyasepertiKTP,KSK, Syarat-syaratpernikahan, danlain-lain,sebelum adanyaReformasiBirokrasiharusmenunggusatuminggubahkan satubulan,tetapisetelahReformasiBirokrasi bias satu haripalinglamasatuminggu,(3) Dalam kedisiplinan pegawai sebelum adanya Reformasi Birokrasi sering datang terlambat, tetapi setelah Reformasi Birokrasi datang tepat waktu sesuai dengan jam datingdan pulang kantor,(4)SemuaprogramyangadapadaKelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara - Kota Samarindadilaksanakan sesuai tujuan dan sasaran:Hal-haltersebutdiatas merupakan pelaksanaan perubahan posisidan peran (revitalisasi),artinyabahwadengan revitalisasitersebutpegawaiKantorKelurahan Sempaja Selatandapat melaksanakantugaspokokdanfungsinyasecaraprofessionaldengandemikianhasilkerja mereka akan menjadi baik dan terpercaya,(5) SDM yang dimilikipun cukup baik terbukti 50% lebih pegawai lulusan S1 dan S2,begitu juga dalamKepangkatan dan golongan 63%terdiridarigolongan III,artinyabahwadalammenjalankan tugaspokok danfungsinyamerekadapatmelakukannyasesuaidenganbekalpengetahuan,pengalaman dankemampuanmereka,dengandemikianakanterciptapegawaiyangberkualitas.
Ada pengaruh yangsignifikan antara reformasi birokrasi terhadap kinerja pelayanan Kelurahan.Artinyabahwareformasi birokrasi dapatdijadikansebagaidasaruntuk memprediksiterhadapkinerjapelayanan Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara, Kontribusi yang diberikan oleh variabel reformasi birokrasi terhadap kinerja pelayanan sebesar 33,20%,sedangkan sisanya66,80%merupakan variabel-variabelyang tidak terprediksi dalampenelitianini.
Keywords
Full Text:
docReferences
Albrow,Martin,2005,Birokrasi(terj.),Yogyakarta:TiaraWacana,Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi.2000. ManajemenPenelitian.PTRinekaCipta,Jakarta Ashari, EdyTopo, 2010, Reformasi Birokrasi Badan Kepegawaian Negara:
RencanaDanStrategiImplementasi, JurnalKebijakan dan Manajemen
PNSVOL.4,No.1,Juni2010
Beetham,D.1990.Birokrasi.Jakarta:BumiAksara
Benveniste,G.1991.Birokrasi.Jakarta.Rajawali
Bertens,K(2001),Etika.SeriFilsafat Atmajaya, Jakarta:PT.GramediaPustaka
Utama.
Blau,M.P.danMeyer,M.W.2000.BirokrasidalamMasyarakatModern.Jakarta.
PrestasiPustakaraya.
Blau,PeterM,2000,BureaucracyinModern Society(terj),PustakaPelajar, Yogyakarta
Dwiyanto,Agus.dkk.,2001.Reformasi Birokrasi Publikdi Indonesia,Laporan Penelitian, KerjasamaPusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas GadjahMadadan FordFoundation.,Yogyakarta
,2006. ReformasiBirokrasiPublikDiIndonesia,PusatStudi
KependudukandanKebijakan,Yogyakarta:Universitas GadjahMada
,2008.ReformasiBirokrasiPublikdiIndonesia.Cet.III, GadjahMadaUniversityPress,Yogyakarta,
ErwanAgus Purwanto,2009. ReformasiBirokrasi,KepemimpinandanPelayanan Publik:Kajian tentang pelaksanaan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.GavaMedia,JIAN-UGM,MAP-UGM,Yogyakarta
Hadi,Sutrisno.2001.MetodologiResearch.FakultasPsikologiUniversitasGajah
Mada,Yogyakarta.
Hasibuan S.PMalayu. 2005. Manajemen SumberDaya Manusia. PT Bumi
Aksara,Jakarta.
Mahmudi.2005. Manajemen kinerja sektor publik. Yogyakarta: Akademi
ManajemenPerusahaanYKPN.
Mahsun, Mohamad.2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: PenerbitBPFE.
Mangkunegara, AnwarPrabu. 2007. Evaluasi Kinerja. PT.Refika Aditama.
Bandung.
Pasolong,Harbani.2007.TeoriAdministrasiPubl .Alfabeta,Bandung.
Prasojo, Eko, Nugroho, Asad, Hardjapamekas, Nursahid,Fajar, 2006,Mengurai benangKusutBirokrasi, Piramedia,Jakarta.
Prasojo,EkodanKurniawan,2008,ReformasidanGoodGovernance:KasusBest PracticesdarisejumlahDaerah di Indonesia,JurnalAntropologiIndonesia, InternasionalSimposium,Banjarmasin,22-25Juli2008.
Siagian,SondangP.2002.KiatMeningkatkanProduktivitasKerj.PT.Rineka
Cipta.Jakarta.
Siagian, SondangP. 2002. Teori PengembanganOrganisasi. Bumi Aksara.
Jakarta.
Siegel, Sidney. 1988. Statistik Non Paramentrik UntukIlmu-Ilmu Sosial.
PT.Gramnedia,Jakarta.
Sinambela, Lijan Poltak.Dkk.2006.Reformasi PelayananPublik,Teori, KebijakandanImplementasi.BumiAksara,Jakarta.
Singarimbun, Masridan Sofyan Effendi. 2000. Metode PenelitianSurvei.
Yogyakarta:LP3ES.
Sugiyono.2003.MetodePenelitianAdministratif.CV.Alfabeta.Bandung. Suprapto.2002. Standarisasi KompetensiPegawai Negeri Sipil Menuju Era
Global.PusatPenelitiandanPengenbanganBKN.Jakarta.
Thoha,M.2002.BirokrasidanPolitikdiIndonesia.RajawaliPers,Jakarta.
,2004,BirokrasiPolitikdiIndonesia, PT.RajaGrafindoPersada, Jakarta.
Tjokrowinoto,dkk,2001.BirokrasidalamPolemik, PustakaPelajar,Unismuh, Malang
, 2004,BirokrasiDalamPolemik, Pusataka Pelajar,Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.