INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN SANDARAN KABUPATEN KUTAI TIMUR)
Abstract
Rosmini, Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur, di bawah bimbingan Jamiah, S.Sos., M.Si sebagai Pembimbing I dan Drs. Damai Darmadi, M.Si sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur, serta mutu pelayanan publik yang di gambarkan dalam rasa kepuasan masyarakat terhadap proses pelaksanaan pelayanan Publik di Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Responden yang di gunakan dalam penelitian ini adalah warga (convenience/accidental sampling) yang mengunakan jasa pelayanan di Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur. Untuk memperoleh data di gunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif yang di kombinasikan dengan analisis kuantitatif melalui tabel distribusi frekuensi dari hasil jawaban responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden dalam penelitian ini merasa puas dengan pelaksanaan dan pemberian pelayanan yang di lakukan oleh pihak di Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur, akan tetapi terdapat beberapa faktor yang membuat pelayanan yang di berikan di rasa kurang berkenan pada masyarakat pengguna jasa layanan Kecamatan Samarinda Kota.
Keywords
Full Text:
docReferences
- Atik Winaisih & Ratminto, 2006. Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar: Yogyakarta
- Arikunto Suharsimi, 1996. Prosedur Penelitian, Jakarta, Rineke Cipta
- Chaeles, O Jones. (1979) Pengantar Kebijakan Publik (terjemahan) Jakarta: Bina Aksara.
- Dunn, Wiliam N. 2000. Pengantar Anilisis Kebijakan Publik edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada Universty Press.
- Dwiyanto, Agus. 2002. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. PSKK UGM: Yogyakarta
- Harentama Fardani, 2010, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang”, Sekripsi, Universitas Diponegoro
- Kaho, Josef Riwu, 2002, Prospek Otonomi Daerah: Identifikasi Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penyelenggaraannya, Jakarta: Rajawali Press
- Keban, Yuremias T. 2008. Enam Dimensi Starategis administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gaya Media
- Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Jakarta: Alfabeta
- Nasution, S, 2002. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung.
- Moleong, Lexy J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesepuluh. Bandung: Remaja Rosda Karya
- Rusidi, 1993, Pedoman Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, UPT. Penerbitan IKOPIN, Bandung.
- Sinambela, Poltak Lijan, dkk, 2006. Reformasi Pelayanam Publik, Bumi Aksara: Jakarta.
- Sudarsono, 1998, Manajemen Pelayanan Publik, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuatitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sugioyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
- Soekanto, Soejono, 1995. Penilaian Organisasi Pelayanan Publik, Pustaka Pelajar : Yogyakarta
- Widodo, Joko. 2007. Anailisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplpikasi Analisis proses kebijakan publik. Sidoarjo: Bayumedia Publishing
Lembar Negara:
- Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah
Refbacks
- There are currently no refbacks.