PENGARUH MOTIVASI KINERJA PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

H. Maskan Anderias

Abstract


Pengaruh Motivasi Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada Pengaruh Motivasi Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Loa Janan Ilir.

Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Motivasi Kinerja dangan variabel Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi  ®  adalah sebesar  0,569  yang berarti terdapat hubungan sedang diantara kedua variabel. Antara variabel Motivasi Kinerja dengan variabel Pelayanan Publik. Ini berarti bahwa pengaruh yang positif antara variabel Motivasi kinerja dengan Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Loa Janan Ilir.

Sementara itu uji-t  (t-test)  menujukan bahwa  t-empiris yang dihasilkan adalah sebesar  -3,389  hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga t-kritis student untuk  n – 2  adalah  1,711. Ternyata lebih besar, yaitu  = -3,389 ˃  1,711. Ini berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari vriabel motivasi kinerja terhadap pelayanan publik.

Dengan Demikian Dapat Pula Dikatakan Bahwa Rumusan Masalah Di Dalam Penelitian Ini Telah Terjawab Dan Hipotesis Yang Di Ajukan Dapat Terbukti Kebenarannya Dari Variabel Motivasi Kinerja Pegawai Terhadap Variabel  Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

 


Keywords


Motivasi Kinerja,Pelayanan Publik.

Full Text:

doc

References


Al Rasyid, Harun, (Penyuting : Teguh Kismantoroadji, Dkk). 1994. Dasar- Dasar Statistika Terapan, Program Pascasarjana, Unpad : Bandung.

Arinkunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta : Rineka Cipta.

Arep Isak Dan Tanjung Hendri. 2003. Manajeman Sumber Daya Manusia, Penerbit Pt Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gibson, Et Al, Nunuk (Peterjemah). 1996. Organisasi, Prilaku, Struktur, Proses, Jakarta : Bima Aksara.

Gomes, Faustino Cardoso. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Andi.

Kartono, Kartini. 2002. Psikologi Industri. Jakarta: Bumi Aksara.

Karyadi, M. 2002. Ketenagakerjaan: Prinsip dan Kasus. Yogyakarta: BPFE.

Mangkunegara, A. Anwar Prabu. 2002. Psikologi Perusahaan. Bandung: Tragenda Karya.

Masithoh Nurul, 1998. Pengaruh Unsure-Unsur Motivasi Kerja Terhadap Prestasi kerja Karyawan Operasional Pada Perusahaan Sepatu Yang Go Public Di Jawa Timur. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya : Program Pascasarjana Ilmu Manjemen Universitas Airlangga.

Sa’adah Lailatus, 2000. Analisis Pengaruh Factor-Faktor Motivasi Terhadap prestasi Kerja Karyawan Fabrikasi Pada Pt. Swadaya Graham Gresik (Semen Gresik Group). Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya : Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Universitas Airlangga.

Srimulyo Koko,1999. Analisis Pengaruh Factor-Faktor Terhadap Kinerja Perpustakaan Di Kotamadaya Surabaya. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya : Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.