Peranan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Terhadap Efektivitas Kerja Di Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Kabupaten Kutai Timur

Fl. Sudiran Adriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) terhadap efektivitas kerja pegawai di Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah  Kabupaten Kutai Timur, oleh karena itu maka peneliti merumuskan hipotesa “Diduga sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) memiliki pengaruh terhadap efektivitas kerja di Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur”.

Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 sampai dengan bulan Maret 2017 selama 6 (enam) bulan. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif , data didapatkan melalui pengamatan langsung ke lapangan dan menyebarkan kuisioner kepada para narasumber dengan jumlah sampel yaitu 20 (dua puluh) responden.

Berdasarkan perhitungan korelasi Product Moment diketahui terdapat korelasi antara sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) dengan efektivitas kerja pegawai dengan angka 0,851. Angka ini diinterpretasikan sebagai korelasi yang sangat kuat antara teknologi informasi dengan efektivitas kerja pegawai.

Sedangkan uji hipotesis menghasilkan angka rxy empiris sebesar 0,851 dimana rxy tabel untuk N = 20 (dengan taraf kepercayaan 95%) adalah 0,444, maka  rxy empiris > rxy tabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada hubungan positif antara variabel sistem informasi manajemen daerah (SIMDA)  (X) dan variabel efektivitas kerja (Y) pegawai di Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur.


Keywords


sistem informasi manajemen daerah (SIMDA), efektivitas kerja

Full Text:

doc

References


Indrajit, Richardus Eko, 2000. Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Jogiyanto,2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, Terra Ch. Triwahyuni, 2005. Pengenalan Teknologi Informasi, ANDI, Yogyakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. CV. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.