ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT KALIORANG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Marjoni Rachman Tri Sukadar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Kaliorang Kabupaten Kutai Timur. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dilakukan deskripsi terhadap lima indikator Kesederhanaan, Kejelasan, Keterbukaan, Ketepatan Waktu dan Keadilan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Publik yang diselenggarakan di Kantor Camat Kaliorang Kabupaten Kutai Timur adalah sebesar 71,2% dan ini berada pada interval 56% - 75% atau termasuk dalam kategori cukup baik. Dengan demikian rumusan masalah di dalam penelitian ini telah terjawab dengan baik.


Keywords


Efektivitas Pelayanan Publik

Full Text:

DOC

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta : Rineka Cipta.

Campbell. 1989. Riset dalam Efektivitas Organisasi, Terjemahan Sahat Simamora. Jakarta: Erlangga.

Gaspersz, Vincent. 2001. Total Quality Management (TQM), Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, T. Hani. 2001, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta. Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA-LAN Press.

Moenir , H.A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta : Bumi Aksara.

Ndraha, Taliziduhu, 1997. Budaya Organisasi, Jakarta : Rineka Cipta.

Ndraha, Taliziduhu, 2000. Ilmu Pemerintahan (kybernology), Rineka Cipta, Jakarta.

Ndraha, Taliziduhu, 2003. Kybernology (ilmu Pemerintahan Baru), Jilid 1 dan 2, Rineka Cipta, Jakarta.

Rasyid, M. Ryaas. 1997. Kajian Awal Birokrasi Pemerintahan dan Politik Orde Baru, Jakarta : Yarsif Watampone.

Saefullah, Djadja. 1995. Tinjauan Pustaka dan Penggunaan Informasi Kepustakaan Dalam Penulisan Tesis dan Desertasi, Bandung : Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.

Siagian, P. 2001. Organisasi dan Prilaku Administrasi. Jakarta.Gunung Agung.

Soekanto, Soedjono. 1989. Teori Sosiologi, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Tangkilisan, 2005, Manajemen Publik, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Steers, Richard M, Yamin, Magdalena. 1980. Efektivitas Organisasi, Jakarta : Erlangga.

Triguno, 1997. Budaya Kerja, Meningkatkan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja, Jakarta : Golden Terayon Press.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.