TRANSPARANSI INFORMASI PELAYANAN IZIN USAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) KABUPATEN KUTAI BARAT

Firto Aryadi

Abstract


FIRTO ARYADI,Transparansi Informasi Pelayanan Izin Usaha di Dinas Penanamanan Modal  dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terpadu (DPM-PTSP) Kabupaten Kutai Barat (Pengurusan Izin Usaha).

 

Secaraumumpenelitianinibertujuanuntukmenganalisistransparansi informasi pelayananpengurusansurat izinusahayang diselenggarakan olehTransparansi Informasi Pelayanan di Dinas Penanamanan Modal  dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terpadu (DPM-PTSP) Kabupaten Kutai Barat. Metodepenelitianyang digunakandalampenelitianini adalahpendekatan kualitatifdimanadalam penelitianyang dilakukanbersifatdesksriptifyaituuntukmengetahui atau menggambarkankenyataandari kejadianyangditeliti.Prosesanalisisdata dilakukansecaraterus menerusdimulaidengan menelaahseluruhdatayang tersediadari berbagai sumber,yaitudariwawancara,pengamatanyang sudah dituliskandalamcatatanlapangan,dokumen dansebagainyasampai dengan penarikankesimpulan.

 

Transparansi pelayananpublikadalahketerbukaanpemerintahdalam memberikaninformasi yangterkaitdenganaktivitaspengelolaansumberdaya publikkepadapihak-pihakyang membutuhkaninformasi. Dalampenelitianini, yangmenjadi fokuspenelitiandibagiatassembilan(9)dimensi yaitumanajemen danpenyelenggaraanpelayananpublik,prosedur pelayanan,persyaratanteknis danadministrasi,perincianbiayapelayanan,jangkawaktupenyelesaianlayanan, pejabatyangberwenangdan bertanggungjawab, janji pelayanan,standar pelayanandanlokasipelayanan.HasilpenelitianTransparansi Informasi Pelayanan di Dinas Penanamanan Modal  dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Kutai Barat, menunjukkanbahwatransparansiinformasi pelayanan pengurusan surat izinusahadi Kabupaten Kutai Timur yangdiselenggarakan olehDinas Penanaman Modal dan Pelayanan TerpaduSatu Pintu(DPM-PTSP) belumsepenuhnya transparandalammemberikanpelayanan kepadamasyarakat.Halini dilihatdari perincianbiayapelayanan,waktupenyelesaianlayanandanjanjipelayananyang masihbelumterpublikasikandenganbaiksertalokasi pelayananyangkurang strategistentunyaakan berimbaspadaprosespenyelesaianlayanan surat izin usahayangdibutuhkan.


Keywords


Transparansi,Pelayananpublik

Full Text:

doc doc

References


AinurRohman,Ahmaddkk.2010.ReformasiPelayananPublik.Malang:Averroes

Press

Dwiyanto,Agus.2006.MewujudkanGoodGovernanceMelaluiPelayananPublik..

Yogyakarta:Gajahmada UniversityPress.

. 2012. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan

Kolaboratif.Yogyakarta:Gajahmada UniversityPress.

Jeddawi,Murtir.2011.NegaraHukum,GoodGovernancedanKorupsidiDaerah.

Yogyakarta:TotalMedia.

Kumorotomo, Wahyudi dkk.SistemInformasi ManajemenDalamOrgansisasi- OrganisasiPublik.Yogyakarta:Gajahmada UniversityPress

Moenir. 2000. Manajemen PelayananUmumdiIndonesia.Jakarta:BumiAksara Moleong,LexiJ,Dr.M.A.2001.MetodologiPenelitian Kualitatif.Bandung:PT RemajaRosdakarya

Poltak Sinambela,Lijandkk2008.ReformasiPelayanan Publik Teori,Kebijakan danImpelementasi. Jakarta:BumiAksara

RatmintodanSepti Winarsih,Atik.2006.ManajemenPelayananPengembangan ModelKonseptual,PenerapanCitizen’sCharter dan StandarPelayanan Minimal.Yogyakarta:PustakaPelajar.

Ridwan. 2009.Metode&TeknikMenyusunProposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2003.GoodGovernance(Kepemerintahanyang baik) dalam rangkaotonomi daerah:Upayamembangunorganisasi yangefektifdan efisienmelalui restrukturisasi danpemberdayaan.Bandung:CV.Mandar Maju.

Santosa,Pandji.2008.AdministrasiPublikTeori danApilkasiGoodGovernance.

Bandung:PTRefika Aditama

Sj. Sumarto, Hetifah. 2009.Inovasi, Partisipasi, danGoodGovernance. Jakarta: Yayasan OborIndonesia.

Sulistiyani,Ambar Teguh.2004.MemahamiGood Governance:DalamPerspektif

SumberDayaManusia.Yogyakarta:GavaMedia.

Sutedi,Adrian.2011.HukumPerizinandalamSektorPelayananPublik.Jakarta: SinarGrafika Offset.

SyakrianidanSyahriani.2009.ImplementasiOtonomiDaerahdalamPerspektif

GoodGovernance.Yogyakarta:PustakaPelajar.

Tahir, Arifin. 2011. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan PemerintahanDaerah.Jakarta:PustakaIndonesiaPress.Diaksesmelalui repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/89/kebijakan-publik-dan-transparansi- penyelanggaraan-pemerintahan-daerah.pdfdiakses22Januari2015Pukul

00

Waluyo. 2007.ManajemenPublik(Konsep,Aplikasi, danImplementasinyadalam

Pelaksanaan OtonomiDaerah).BandungCV.MandarMaju

Widodo, Jokowi. 2001.GoodGovernanceTelaahdariDimensi:Akuntabilitasdan KontrolBirokrasiPadaEraDesentralisasi danOtonomiDaerah.Surabaya: InsanCendekia

UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN

UU No.14Tahun2008tentang KeterbukaanInformasiPublik

KeputusanMenteriPendayagunaanAparaturNegaraNomor63Tahun2003

TentangPedomanUmumPenyelenggaraan PelayananPublik

KeputusanMenteriPendayagunaanAparaturNegaraNomor63Tahun2004

TentangHakikatPelayananPublik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.