TRANSPARANSI INFORMASI PELAYANAN IZIN USAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) KABUPATEN KUTAI BARAT
Abstract
FIRTO ARYADI,Transparansi Informasi Pelayanan Izin Usaha di Dinas Penanamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terpadu (DPM-PTSP) Kabupaten Kutai Barat (Pengurusan Izin Usaha).
Secaraumumpenelitianinibertujuanuntukmenganalisistransparansi informasi pelayananpengurusansurat izinusahayang diselenggarakan olehTransparansi Informasi Pelayanan di Dinas Penanamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terpadu (DPM-PTSP) Kabupaten Kutai Barat. Metodepenelitianyang digunakandalampenelitianini adalahpendekatan kualitatifdimanadalam penelitianyang dilakukanbersifatdesksriptifyaituuntukmengetahui atau menggambarkankenyataandari kejadianyangditeliti.Prosesanalisisdata dilakukansecaraterus menerusdimulaidengan menelaahseluruhdatayang tersediadari berbagai sumber,yaitudariwawancara,pengamatanyang sudah dituliskandalamcatatanlapangan,dokumen dansebagainyasampai dengan penarikankesimpulan.
Transparansi pelayananpublikadalahketerbukaanpemerintahdalam memberikaninformasi yangterkaitdenganaktivitaspengelolaansumberdaya publikkepadapihak-pihakyang membutuhkaninformasi. Dalampenelitianini, yangmenjadi fokuspenelitiandibagiatassembilan(9)dimensi yaitumanajemen danpenyelenggaraanpelayananpublik,prosedur pelayanan,persyaratanteknis danadministrasi,perincianbiayapelayanan,jangkawaktupenyelesaianlayanan, pejabatyangberwenangdan bertanggungjawab, janji pelayanan,standar pelayanandanlokasipelayanan.HasilpenelitianTransparansi Informasi Pelayanan di Dinas Penanamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Kutai Barat, menunjukkanbahwatransparansiinformasi pelayanan pengurusan surat izinusahadi Kabupaten Kutai Timur yangdiselenggarakan olehDinas Penanaman Modal dan Pelayanan TerpaduSatu Pintu(DPM-PTSP) belumsepenuhnya transparandalammemberikanpelayanan kepadamasyarakat.Halini dilihatdari perincianbiayapelayanan,waktupenyelesaianlayanandanjanjipelayananyang masihbelumterpublikasikandenganbaiksertalokasi pelayananyangkurang strategistentunyaakan berimbaspadaprosespenyelesaianlayanan surat izin usahayangdibutuhkan.
Keywords
References
AinurRohman,Ahmaddkk.2010.ReformasiPelayananPublik.Malang:Averroes
Press
Dwiyanto,Agus.2006.MewujudkanGoodGovernanceMelaluiPelayananPublik..
Yogyakarta:Gajahmada UniversityPress.
. 2012. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan
Kolaboratif.Yogyakarta:Gajahmada UniversityPress.
Jeddawi,Murtir.2011.NegaraHukum,GoodGovernancedanKorupsidiDaerah.
Yogyakarta:TotalMedia.
Kumorotomo, Wahyudi dkk.SistemInformasi ManajemenDalamOrgansisasi- OrganisasiPublik.Yogyakarta:Gajahmada UniversityPress
Moenir. 2000. Manajemen PelayananUmumdiIndonesia.Jakarta:BumiAksara Moleong,LexiJ,Dr.M.A.2001.MetodologiPenelitian Kualitatif.Bandung:PT RemajaRosdakarya
Poltak Sinambela,Lijandkk2008.ReformasiPelayanan Publik Teori,Kebijakan danImpelementasi. Jakarta:BumiAksara
RatmintodanSepti Winarsih,Atik.2006.ManajemenPelayananPengembangan ModelKonseptual,PenerapanCitizen’sCharter dan StandarPelayanan Minimal.Yogyakarta:PustakaPelajar.
Ridwan. 2009.Metode&TeknikMenyusunProposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sedarmayanti. 2003.GoodGovernance(Kepemerintahanyang baik) dalam rangkaotonomi daerah:Upayamembangunorganisasi yangefektifdan efisienmelalui restrukturisasi danpemberdayaan.Bandung:CV.Mandar Maju.
Santosa,Pandji.2008.AdministrasiPublikTeori danApilkasiGoodGovernance.
Bandung:PTRefika Aditama
Sj. Sumarto, Hetifah. 2009.Inovasi, Partisipasi, danGoodGovernance. Jakarta: Yayasan OborIndonesia.
Sulistiyani,Ambar Teguh.2004.MemahamiGood Governance:DalamPerspektif
SumberDayaManusia.Yogyakarta:GavaMedia.
Sutedi,Adrian.2011.HukumPerizinandalamSektorPelayananPublik.Jakarta: SinarGrafika Offset.
SyakrianidanSyahriani.2009.ImplementasiOtonomiDaerahdalamPerspektif
GoodGovernance.Yogyakarta:PustakaPelajar.
Tahir, Arifin. 2011. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan PemerintahanDaerah.Jakarta:PustakaIndonesiaPress.Diaksesmelalui repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/89/kebijakan-publik-dan-transparansi- penyelanggaraan-pemerintahan-daerah.pdfdiakses22Januari2015Pukul
00
Waluyo. 2007.ManajemenPublik(Konsep,Aplikasi, danImplementasinyadalam
Pelaksanaan OtonomiDaerah).BandungCV.MandarMaju
Widodo, Jokowi. 2001.GoodGovernanceTelaahdariDimensi:Akuntabilitasdan KontrolBirokrasiPadaEraDesentralisasi danOtonomiDaerah.Surabaya: InsanCendekia
UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN
UU No.14Tahun2008tentang KeterbukaanInformasiPublik
KeputusanMenteriPendayagunaanAparaturNegaraNomor63Tahun2003
TentangPedomanUmumPenyelenggaraan PelayananPublik
KeputusanMenteriPendayagunaanAparaturNegaraNomor63Tahun2004
TentangHakikatPelayananPublik
Refbacks
- There are currently no refbacks.