ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAMPUNG TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DI KECAMATAN LONG BAGUN

Natalia Lalang

Abstract


Natalia Lalang NPM : 14.11.1001.3509.160, Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, “Analisis Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Kecamatan Long Bagun”. di bawah bimbingan Bapak Dr. Marjoni Rachman, M.Si dan Bapak H. Marsuq, S.So., M.Si.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi masyarakat kecamatan long bagun kabupaten Mahakam ulu dalam pengentasan kemiskinan, yang mana diharapkan mampu mengurangi tingkat kemiskinan di kecamatan long bagun.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa tahapan dan dampak pemberdayaan masyarakat dan kampung di Kecamatan Long Bangun. Jenis penelitian atau penjelasan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif digunakan menganalisis hubungan antara varibel penelitian. Jenis data yang digunakan kusioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahap dalam proses pelaksanaan program Pendampingan desa di Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu yaitu tahap pertama, pemberian sosialisasi kepada masyarakat dari tingkat kecamatan, desa dan khusus perempuan. Tahap kedua, Perencanaan dan penetapan prioritas usulan sesuai dengan gagasan yang disampaikan oleh masyarakat. Tahap ketiga penjaringan aspirasi masyarakat dalam mencari program yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Tahap keempat yaitu proses pelaksanaan program Pendampingan Desa .Dampak program Pendampingan Desa terhadap pemberdayaan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan sudah signifikan baik dalam peningkatan produktivitas, pendapatan petani maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pelaksanaan Pendampingan desa di Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu menunjukkan keberhasilan dan kriteria-kriteria dengan rata-rata baik.


Full Text:

doc

References


Abe, Alexander. 2005. Perencanaan Daerah Partisipatif. Yogyakarta: Pustaka Jogja Mandiri.

Adi, Isbandia Rukminto. 2001. Pemberdayaa, Pengembangan Masyarakat, dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Arif, Syaiful. 2006. Reformasi Birokrasi dan Demokratisasi Kebijaka. Malang: Averroes Cipta.

Dunn, William. 2004. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. (Terjemahan). Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Hikmat, H, 2004. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Humaniora: Bandung.

Jones, Charles O. 2003. Pengantar Kebijakan Publik (Publik Policy) Terjemahan Ricky Ismanto. Jakarta : Penerbit PT Raja Grafindo Persada

Kartasasmita, Ginandjar. 2000. Power and Empowerment: Sebuah Telaah

Subarsono, A.G. 2008. Analsis Kebijakan Publik ; Konsep, teori dan aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Khairuddin, 2000. Pembangunan Masyarakat, Tinjauan Aspek: Sosiologi, Ekonomi dan Perencanaan. Liberty, Yogyakarta.

Mochtar, Ari. 2009. Revolusi Pengetahuan, Kemiskinan, dan Politik. Website Ahmad Wiryawan. http://ahmadwiyawan.com.

Ndraha, Talizuduhu. 2000. Pembangunan Masyarakat, Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Nugroho, Riant. 2006. Kebijakan Publik Untuk Negara-negara Berkembang ; Model-model, perumusan, implementasi dan evaluasi. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.