STUDI PELAKSANAAN PROGRAM BERAS MISKIN (RASKIN) BAGI KELUARGA MISKIN DI WILAYAH KELURAHAN RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA

Aji Shinta Ariani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Beras Miskin (Raskin) di Kelurahan Rawa Makmur Kota Samarinda dan Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat apa yang dihadapi oleh Kelurahan Rawa Makmur. Dalam penelitian ini adalah bersifat Deskriptif Kualitatif dengan Fokus Penentuan Rumah Tangga Sasaran, Sosialisasi Raskin, Pembayaran Program Raskin, Pemantauan Terhadap Indikator Kinerja Raskin, Pengaduan Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Raskin, Evaluasi Pelaksanaan Program Raskin. Dalam pengumpulan sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi.Yaitu subyek yang menguasai permasalahan sesuai dengan topic dan focus penelitian, misalnya informannya adalah orang yang menguasai permasalahan, memiliki informasi dan bersedia memberikan informasi mengenai proses Pelaksanaan Program Beras Miskin (raskin) di Kelurahan Rawa Makmur Kota Samarinda.

 

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Implementasi Program Beras Miskin (Raskin) yang masih kurang maksimal dalam memberikan Sosialisasi, Pembayaran Beras berjalan lancer dengan harga yang sesuai ditetapkan Pemerintah, kualitas beras yang masih kurang baik, serta Faktor Pendukung dan Penghambat dari Penyaluran Beras Miskin (Raskin) tersebut.

 

Kesimpulan bahwa Pelaksanaan Program Beras Miskin (Raskin) di Kelurahan Rawa Makmur secara umum sudah sesuai dengan peraturan yang ada.


Keywords


Pelaksanaan, Beras Miskin, Kelurahan Rawa Makmur

Full Text:

doc

References


BIBLIOGRAFI

As’ari, Deni Kurniawan, 2006. Kamus Istilah Politik & Kewarganegaraan, YramaWidya, Bandung.

Miles, Mathew. B Dn Huberman, Michael. A, 1992. Analisis Data Kualitatif, Universitas Indonesia (UI-PRESS), Jakarta.

Usman, Sunyoto, Prof. Dr, 2004. Keadilan Pemberdayaan & Penanggulangan Kemiskinan, Belantika, Jakarta.

Abdul Wahab, Solichin, 2002, Analisis Kebijakan Publik, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. Rincka Cipta.

Soekanto, Soerjono, 2003. Sosiologi Suatu Pengantar, PT Raja Grafindo, Jakarta.

Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Al Fabeta.

Sunggono, Bambang. 1994 Hukum dan Kebijaksanaan Publik.Sinar Grafika. Jakarta. .

Winarno, Budi. 2002, Kebijakan Publik, Teoridan Proses. Media Pressindo.Yogyakarta.

Sulcahn. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (KBI-Besar) serta Ejaan Yang Disempurnakan Dan Kosa Kata Baru. Surabaya: Amanah www.google.co.id www.bulog.co.id http : // www.kompas.com / kompas-cetak /0402/10/ ekonomi/ 847162.h

Dokumen-dokumen :

Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Direktur Utama Bulog No. 25 tahun 2003, Tentang Pelaksanaan Program Beras Miskin Bagi Keluarga Miskin.

Pedoman Umum Beras Untuk Rumah Tangg aMiskin (Raskin) Tahun 2014, Kementerian Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia.

Purwa Darwinta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan.

Surat Keputusan Walikota No. 2 Tahun 2009, Tentang Penetapan Sasaran Penerimaan Manfaat Program Bantuan Pangan Bagi Keluarga Miskin.

Surat Keputusan Walikota No. 35 Tahun 2005,Tentang Pembentukan Sekretariat Unit Pengaduan Masyarakat dan Pemantauan Program Beras Miskin.

Surat Keputusan Walikota No. 36 Tahun 2005,Tentang Pembentukan Tim Koordinasi, Pengawasan Program Distribusi Program Beras Miskin (Raskin).

Undang – undang No. 32 Tahun 2004, Tentang Kepemerintahan Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.