EFEKTIVITAS PEMBAGIAN TUGAS PERSONEL KEPOLISIAN DI LINGKUNGAN POLSEK MUARA WAHAU RESOR KUTAI TIMUR

Moh Son Hatta

Abstract


Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui efektivitas pembagian tugas personel kepolisian di lingkungan Polsek Muara Wahua Resor Kutai Timur dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembagian tugas personel kepolisian di lingkungan Polsek Muara Wahua Resor Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kemudian pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas yang dilihat dari tiga indikator yaitu kuantitas, kualitas, dan pemanfaatan waktu menunjukkan bahwa ekfektivitas pembagian tugas aparat polsek Muara Wahau Kutai Timur berjalan kurang efektif hal ini dilihat dari segi kuantitas terdapat ketidak berimbangan beban kerja dengan personel pada bagian kanit Reskrim dan dari segi pemanfaatan terdapat personel yang memerlukan tambahan waktu untuk menyelesaikan tugas. Pada karakteristik organisasi terdapat struktur bersifat komando artinya semua instruksi untuk Kanit dapat terhubung langsung dengan pimpinan dan setiap Kanit dibantu sejumlah Banit dalam melaksanakan. Pada faktor lingkungan kerja dituntut melaksanakan tugas dengan tegas sesuai dengan arahan tugas dari pimpinan namun dalam pelaksanaan tugas yang bersentuhan dengan masyarakat mesti dilakukan pendekatan yang bersifat humanis. Selanjutnya pada faktor karakteristik pekerja/karakteristik personel polisi menunjukkan sikap yang selalu siap, bertanggungjawab terhadap perintah pimpinan maupun tugas yang diamanahkan, dan faktor kebijakan dan praktek manajemen menunjukkan bahwa kebijakan yang diberikan pimpinan terkait keterbatasan sumberdaya atau personel sementara untuk praktek manajemen menunjukkan pelaksanaan tugas, pengkoordinasi, pengedalian dan pengawasan dipraktekkan dalam pembagian tugas.


Keywords


Efektivitas, Pembagian Tugas, Personel Kepolisian.

Full Text:

doc

References


Yusrialis, Y. (2012). Budaya Birokrasi Pemerintahan (Keperihatinan dan Harapan). Sosial Budaya, 9(1), 81-108.

Dharmanu, I. P. (2017). Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E-Government di Kota Denpasar. Jurnal Adhum, 7(2), 93-108.

Nahruddin, Z., & Tambajong, H. (2017). The Behavior of Apparatus and Cultural Organization in Provision of Public Service in District Level. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 5(7B):716-720.

Nasution, R. Z. (2017). Reformasi Birokrasi Polri Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Kepolisian Daerah Jawa Barat). Doctoral dissertation, UNPAS.

Siagian, P.S. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja; Jakarta: PT. Rinaka Cipta.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Kumorotomo, W. (2005). Akuntabilitas Birokrasi Publik. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Steers, Richard. M. (2005). Efektivitas Organisasi. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Pophal, Lin Grensing, (2008), Human Resources Book. Edisi kedua, Prenada. Jakarta.

Manullang, M. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.