ANALISIS SISTEM PENATAAN DAN PENYIMPANAN ARSIP DI LINGKUNGAN SMPN I BUSANG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Marta Marta

Abstract


MARTA, FakultasIlmuSosialdanPolitik, Program StudiIlmuAdministrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Mei 2018,Penelitian ini berjudul “Analisis Penataan Dan PenyimpananArsip Di Lingkungan SMPN I BusangKabupatenKutaiTimur”.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem penataan danpenyimpananarsip Di Lingkungan SMPN I BusangKabupatenKutaiTimur. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pemilihan informan menggunakan teknik sampel jenuh berjumlah tiga orang informan.

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif pasif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milez dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu penataan danPenyimpananarsip Di Lingkungan SMPN I BusangKabupatenKutaiTimur sudah baik, hal ini dilihat dari hasil kinerja petugas arsip terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna.


Keywords


Penataan Dan PenyimpananArsip

Full Text:

doc

References


Agus Sugiarto dan Teguh Wahyono. (2005). Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta : Gava Media.

Basir Barthos. (2007). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ermin Kartiandari. (2007). Pengelolaan Arsip Pada Bagian Tata Usaha Kantor Dinas

Pendidikan dan Kabupaten Jepara. Semarang : UNNES.

Gina Mardiana dan Iwan Setiawan, (1994). Kearsipan Kelompok Bisnis dan Manajemen. Bandung : Armico.

Lexy j. Moleong. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Matthew B. Miles & A. Michael Huberman, (1992). Analisis Data Kualitatif. (Alih Bahasa : Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta : UI Press.

Mulyono Sularso, Muhsin, Marimin. (1985). Dasar–Dasar Kearsipan. Yogyakarta:

Liberty.

Mulyono Sularso. (2003). Manajemen Kearsipan. Semarang : UNNES.

Permendikbud Nomor 60 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi Serta Informasi Publik Di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Retno Wulandari. (2013). Manajemen Kearsipan Pada Bagian Umum Dinas Pendidikan dan KebudayaanMenengah dan Non Formal Kabupaten Bantul. Yogyakarta : UNY.

Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomer 06 Tahun 2005 Tentang Pedoman Perlindungan, Pengamanan, dan Penyelamatan Dokumen Arsip Vital Terhadap Musibah/Bencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.