ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KELURAHAN BUGIS KOTA SAMARINDA

Ervan Juliansyah

Abstract


Ervan Juliansyah, 2018, Analisis Kualitas Pelayanan pada Kantor Kelurahan Bugis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Bimbingan Ibu Dr. Hj. Futum Hubaib, S.Sos. M.Si dan Bapak Drs. Ghufron, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan Bugis. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan secara apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi partisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat alur yaitu Pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pada Kantor Kantor Kelurahan Bugis diataranya meliputi Kesederhanaan, Kepastian Waktu, dan Kelengkapan Sarana dan Prasarana. Namun indikator penelitian pada Kantor Kelurahan Bugis yaitu Kepastian Waktu belum dapat dikatakan efektif dari segi pelayanan yang diberikan dikarenakan adanya keluhan dari masyarakat yang merasa prosesnya kurang efisien waktu dan berbelit-belit. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan Bugis Kota Samarinda adalah Kedisiplinan, Kesopanan, Keramahan.

Keywords


Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Achmadi dan Narbuko. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arisutha, Damartaji. 2005. Dimensi Kualitas Peayanan. Jakarta : Gramedia Pustaka. Emzir, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gaya Media

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg. Moenir, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: PT. Bumi Aksara J. Moleong, Lexy. 2000. “Metode Penelitian Kualitatif”,( Bandung: Remaja Rosda Karya.) J, Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta. PT. Rineka Cipta. Philip Kotler dan Armstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1. New Jersey : Prentice Hall, Inc. Pasolong, Harbani 2013, teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta.

Rahardjo Adisasmita, 2009. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Penerbit PPKED : Makassar Sanapah Azis. 2000. Pelayanan yang Berorientasi Kepada Kepuasan Masyarakat.Jurnal Administrasi Negara. Vol 6.Nomor 1 Sinambela, Litjan Poltak, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementeasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis: Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 1999. Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta ; Salemba Empat.

Tjiptono, 2000, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset. Wijayanto, Anjar. 2007. Efektivitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Malang: Univ.Merdeka Peraturan Perundang-Undangan:

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M/PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan

PP No. 73 Tahun 2005 dan Peraturan Daerah Kota Samarinda No. 18 Tahun 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.