TRANSFORMASI ORGANISASI PADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Alfin Surya Pratama

Abstract


Penelitianinibertujuanini untukmengetahui proses transformasiorganisasi pada DinasPerumahan dan Kawasan PermukimanKabupatenKutai Timur.Metodepenelitian yang digunakanyaitupendekatankualitatifdengantipe penelitian fenomenologi melakukanpengumpulan data diperolehmelaluiteknikobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputireduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Hasil penelitianmenunjukkanbahwaperubahan Organisasi dilakukan untuk meminimalisir duplikasi fungsi dan tugas antara layanan Cipta Karya yang indentik dengan Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR). Reframing yang terjadi sejalan dengan kebijakan penataan Dinas Urusan PUPR, sementara restructuring atau penataan ulang organisasi  juga berpengaruh pada Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing pegawai yang berdampak pada SDM yang ada dalam organisasi yang secara langsung mengakibatkan terjadinya mutasi pegawai dan penambahan pegawai. Kemudian revitalisasi organisasi akibat dari kondisi dan cakupan pekerjaan yang multisektor dan kompleks sehingga pembentukan intansi baru dan pada aspek renewal menunjukkan spirit organisasi yang muncul dari upaya menyonsong isu-isu yang bersifat strategis. Pengambilan keputusan dalam pembentukan OPD baru didasarkan pada keputusan bupati dengan mengikuti pedoman yang dibuat pemerintah secara nasional dan mengacu pada kebutuhan dalam RPJMD dan RTRW Kabupaten Kutai Timur. Pada faktor komunikasi terdapat dua pola yaitu formal dan informal. Selanjutnya kepemimpinan Bupati dalam keterkaitan proses transformasi organisasi membuat jalannya penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan berjalan dengan baik melalui arahan untuk berkoordinasi dan mensinergi sejumlah kewenangan yang belum dimiliki sepenuhnya OPD baru, dan faktor gaya manajemen menunjukkan bahwa terjadi pembagian kerja yang spesifik sehingga pelaksanaan kegiatan lebih mendalam dan terarah selain itu dengan pemisahan OPD program strategis dapat lebih mudah dikontrol kemudian pemisahan organisasi mengakibatkan penyusunan struktur dan program kerja menjadi lebih mudah dan lebih terarah.

 


Keywords


Transformasi, Organisasi, OPD

Full Text:

doc

References


Ernie, T. S.& Kurniawan, S. (2006). PengantarManajemen. Jakarta: Kencana

Ervianto, I. W. (2002). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta.: ANDI.

Gouilllart, F. J, and James, N.K, (1995). Transforming The Organization, McGraw-Hill, Inc, New York.

Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Aksara.

Kurniasih, D., Subagyo, A., & Setiawan, A. (2017). Penyusunan Tugas Dan Fungsi Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 6(1).

Kurniawan, B. (2016). Transformasi Organisasi Penyelenggara Layanan Jaminan Kesehatan (Studi Tentang Transformasi PT. Askes (Persero) Menjadi Bpjs Kesehatan). Bandar lampung: Universitas Lampung.

Marsuq. (2018). Bureaucracy Transformation in Management of Regional Assets in East Kutai Regency. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, Vol. 6, No. 4

Musaroh. (2010). Transformasi Organisasi dan Perubahan Peran, Fungsi Sumber Daya Manusia Di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nahruddin, Z. (2018). Isu-Isu Permasalahan SDM Pemerintahan. Inarxiv: Open Science Framework.

Nugroho, T. W. A. (2017). Reposisi Dan Transformasi Organisasi Litbang Kementerian Hukum Dan Ham Repositioning And Transformation Of The Organization For Research And Development Of The Ministry Of Law and Human Rights.Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Vol.7, No.1: 84-103.

Poerwanto, S& Ika., S. (2013). Transformasi Organisasi : Basis Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Memperkuat Daya Saing. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, Vol . 2, No. 2.

Robbins, S & Coulter, M. (2007). Manajemen, Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks.

Saputra, Y. D. (2017). Peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dalam Pelaksanaan Bantuan Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwa Jurai Di Desa Negara Batin Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Bandar lampung: Universitas Lampung.

Siswanto. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Stoner, J.A.F. (1996). Manajemen (Terjemahan). Jakarta: PenerbitErlangga.

Wursanto. (2005). Dasar – Dasar IlmuOrganisasi. Yogyakarta : Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.