INOVASI PROGRAM PEMBINAAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN RAYA DI KABUPATEN KUTAI TIMUR

Mursalim Mursalim

Abstract


Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui Inovasi Program Pembinaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya di Kabupaten Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ide inovasi program ini bertujuan mengarahkan terwujudnya etika berlalu lintas melalui upaya pembinaan, dinas perhubungan memerlukan kerjasama dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang tertib berlalu lintas dan perubahan secara instan tidak dapat terjadi melalui program ini namun memerlukan waktu untuk para siswa mengimplementasikan tertib berlalu lintas di kehidupan bermasyarakat karena program ini bersifat preventif atau pencegahan. Ada sikap antusiasme para siswa terhadap program Pelajar Bidang LLAJR dari kegiatan yang dikuti itulah ada stimulus untuk menjadikan sikap tertib sebagai budaya. Pada struktur sosial menunjukkan bahwa terdapat upaya untuk menyentuh struktur sosial masyarakat terutama siswa SMA dengan pendekatan yang unik seperti menampilkan video edukasi yang menghibur tapi tetap mengedepankan pendidikan, serta ada pemberian penghargaan bagi siswa pelopor lalu lintas, dan faktor persepsi masyarakat menunjukkan bahwa upaya edukasi yang tidak dapat langsung dirasakan dampaknya di lingkungan masyarakat namun membutuhkan proses untuk dilaksanakan setiap harinya oleh para siswa.


Keywords


Inovasi, Program, Pembinaan, Lalu Lintas

Full Text:

doc

References


Bandung : Alfabeta

Apandi, G., & Asmorojati, A. W. (2014). Peranan Polisi Lalu Lintas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Berlalu Lintas Pengguna Kendaraan Bermotor di Wilayah Kepolisian Resort Bantul. Jurnal Citizenship, 4(1), 53-68.

Herlina, H. (2016). Inovasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Parkir: Studi Kasus Karcis Parkir Hologram Berhadiah Dinas Perhubungan Kota Surabaya 2016 Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

IPAA. (2014). Australian Public Sector Innovation Shaping The Future Through Co-Creation. Institute of Public Administration Australia.

Mirnasari, R. M., & Suaedi, F. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 1.

Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management. Malang: Bayumedia Publishing.

Nahruddin, Z., & Tambajong, H. (2017). The Behavior of Apparatus and Cultural Organization in Provision of Public Service in District Level. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 5(7B):716-720.

Ridwan, Muhammad, Anggraini, Renni, Nurlela, (2012). Pengaruh Faktor Sosio-Ekonomi Terhadap Kepemilikan Mobil Dan Sepeda Motor Di Kota Langsa. Seminar Nasional Transportasi, Padang: Universitas Bung Hatta.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana,

Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Spirit Publik, 12(2), 14-31.

Sutarno. (2012). Serba-serbi Manajemen Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LANPress.

Utomo, Widodo Tri. (2016). Inovasi sebagai keniscayaan baru dalam Ilmu dan Praktek Administrasi Publik di Indonesia. Laskar Inovasi Deputi Inovasi Administrasi Negara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.