PENGARUH PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Abdan Muqaffi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Good Governance terhadap pelayanan publik pada kantor dinas perhubungan Kalimantan timur.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Good Gocernance dengan variabel Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi r adalah sebesar 0,769 yang berarti terdapat hubungan yang kuat diantara kedua variabel.Sementara itu uji t (t-test) menunjukan bahwa t Empiris yang dihasilkan adalah sebesar 6.698 hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1.692.Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Good Governance Terhadap Pelayanan Publik.Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat di buktikan.


Keywords


Good Governance, Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dwiyanto, Agus, 2006, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, GMU Press. Yogyakarta

Dikutip dari jurnal I Made Sumadana, mewujudkan good governance dalam system pelayanan public fisip UNR

Dikutip Meuthia Ganie-Rochman dalam artikel berjudul “Good governance : Prinsip, Komponen dan Penerapannya”, yang dimuat dalam buku HAM : Penyelenggaraan Negara Yang Baik &Masyarakat Warga, (2000), Jakarta : Komnas HAM

Holidi, Defny. 2013.Reformasi Birokrasi dalam Praktik. Jakarta: Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

http://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/mewujudkan-good-governance.40/1.neneng-siti-maryam-mewujudkan-good-governance-edited.pdf

https://e-journal.unair.ac.id/YDK/article/viewFile/1881/1383

LAN & BPKP. 2000. Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Noorsyam, Djumara, dkk. 2010. Pengembangan Kebijakan dan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.Pusat Kajian Manajemen Pelayanan Deputi Bidang Kajian Manajemen Kebijakan dan Pelayanan LAN RI.

Pandji Santosa, Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi Good Governance, Bandung: PT. Reflika Aditama, 2008 hlm. 1.

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rutoto, Sabar. 2007. Pengantar Metedologi Penelitian. FKIP: Universitas Muria Kudus

Sugiyono Prof, Dr. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Sumarsono, Sony. 2009. Teori dan Kebijakan Publik: Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.